Strategi layanan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik di SMP Islam Hidayatullah Semarang

Inayah, Naelatul (2013) Strategi layanan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik di SMP Islam Hidayatullah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 083311037_Coverdll.pdf]
Preview
Text
083311037_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (619kB) | Preview
[thumbnail of 083311037_Bab1.pdf]
Preview
Text
083311037_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 083311037_Bab2.pdf]
Preview
Text
083311037_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 083311037_Bab3.pdf]
Preview
Text
083311037_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 083311037_Bab4.pdf]
Preview
Text
083311037_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 083311037_Bab5.pdf]
Preview
Text
083311037_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 083311037_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
083311037_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang strategi layanan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik di SMP Islam Hidayatullah. Kajian ini dilatarbelakangi oleh perlunya strategi layanan bimbingan dan konseling di sekolah, terutama dalam meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik untuk membantu mengatasi masalah-masalah peserta didik yang mengganggu keberhasilan hidup peserta didik. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling di SMP Islam Hidayatullah Semarang? (2) Apa saja bentuk-bentuk Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di SMP Islam Hidayatullah Semarang? (3) Bagaimana penerapan strategi layanan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik SMP Islam Hidayatullah Semarang? (4) Faktor-faktor yang mempengaruhi Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di SMP Islam Hidayatullah Semarang?

Penelitian ini menggunakan pendekatan naturalistik atau sering disebut juga dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini memandang kenyataan sebagai sesuatu yang berdimensi jamak, utuh/merupakan kesatuan. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Metode deskriptif dimaksudkan bahwa peneliti menjelaskan bahwa: (1) strategi layanan bimbingan dan konseling di SMP Islam Hidayatullah yang digunakan untuk meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual, diantaranya; layanan orientasi, layanan informasi, layanan penguasaan konten, layanan konseling perorangan, dan layanan dukungan sistem. (2) bentuk-bentuk kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik SMP Islam Hidayatullah dilihat dari kegiatan yang dilaksanakan setiap hari di sekolah, seperti kegiatan ibadah praktis, adanya program gemar membaca, dan budaya 5 S yang ada disekolah. (3) penerapan strategi layanan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik SMP Islam Hidayatullah Semarang, dalam hal ini dengan melalui beberapa strategi layanan bimbingan dan konseling dan menyesuaikan program yang ada disekolah dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan potensi kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik. (4) Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di Islam Hidayatullah Semarang dalam hal ini adanya kerja sama yang baik dengan kepala sekolah dan semua guru SMP Islam Hidayatullah Semarang, sedangkan penghambatnya yaitu kurangnya evaluasi strategi layanan bimbingan dan konselingnya, dan kurangnya guru bimbingan dan konseling, padahal rasio guru bimbingan dan konseling dengan peserta didik adalah 1:150.

Jadi, untuk meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik, diperlukan adanya strategi yang direncanakan dan diaplikasikan secara matang sehingga mampu membantu peserta didik berkembang secara optimal, untuk mengatasi hambatan- hambatan keberhasilan hidup peserta didiknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling; Kecerdasan Emosional dan Spiritual
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Feb 2014 08:07
Last Modified: 24 Feb 2014 08:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1565

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics