Problematika pembelajaran Al-Qur’an Al-Hadits : studi kasus kelas VII MTs NU Nurul Huda Mangkang Semarang

Mudawamah, Anisatul (2020) Problematika pembelajaran Al-Qur’an Al-Hadits : studi kasus kelas VII MTs NU Nurul Huda Mangkang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016147_ANISATUL_MUDAWAMAH] Text (SKRIPSI_1603016147_ANISATUL_MUDAWAMAH)
SKRIPSI_1603016147_ANISATUL_MUDAWAMAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran Al-Qur’an Al-Hadits di MTs NU Nurul Huda Mangkang. Fokus masalah yang akan dikaji adalah: 1)Apa saja problematika pembelajaran AL-Qur’an Al-Hadits di MTs NU Nurul Huda Mangkang kulon Semarang. 2) Bagaimana upaya dalam mengatasi problematika pembelajaran Al-Qur’an Al-Hadits.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan tahap persiapan, pelaksanaan dan peneyelesaian. Objek penelitian adalah peserta didik dan pendidik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga komponen utama yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian diketahui bahwa problematika pembelajaran Al-Qur’an Al-Hadits di MTs NU Nurul Huda Mangkang terdiri dari: problematika pada materi ajar,waktu yang terbatas dalam pembelajaran, metode pembelajaran, peserta didik, evaluasi pembelajaran, dan sarana prasarana pembelajaran. Upaya mengatasi problematika pembelajaran Al-Qur’an Al-Hadits meliputi: (1) Guru menyebarkan materi ajar inovatif secara bertahap. Masalah tentang kurangnya referensi, solusinya guru mencari tambahan lewat internet, buku-buku, kitab-kitab salaf. (2) Guru Al-Qur’an Al-Hadits bersama kepala madrasah memberikan solusi dengan membuka dan mengadakan ekstrakurikuler BTA, IMTAQ, Les Privat, menganjurkan siswannya sekolah TPQ atupun Diniyyah.(3) Guru menggunakan metode mengajar yang dapat disesuaikan dengan gaya belajar masing-masing siswa. (4) Guru harus bisa mengemas pelaksanaan evaluasi pembelajaran seefektif mungkin sehingga waktu yang ada dapat digunakan semaksimal mungkin dan terlaksana sesuai yang diharapkan.(5)Sekolah menyediakan media serta sumber belajar yang mendukung pembelajaran untuk tujuan yang diharapkan seperti menyediakan LKS (Lembar kerja siswa),buku buku penunjang al-Qur’an Hadits.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Problematika pembelajaran; Al-Qur’an Al-Hadits
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ulfida Indirasari
Date Deposited: 04 Apr 2022 01:20
Last Modified: 04 Apr 2022 01:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15684

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics