Pengaruh persepsi siswa tentang kreativitas guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sejarah kebudayaan Islam MAN 1 kota Semarang

Azhary, Alya (2020) Pengaruh persepsi siswa tentang kreativitas guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sejarah kebudayaan Islam MAN 1 kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016077_ALYA AZHARY.pdf] Text
SKRIPSI_1603016077_ALYA AZHARY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh persepsi siswa tentang kreativitas guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa MAN 1 Kota Semarang. Penelitian ini dimaksudkan untuk menggali: (1) pengaruh antara persepsi siswa tentang kreativitas guru (X1) terhadap prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam (Y); (2) pengaruh antara motivasi belajar (X2) terhadap prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam (Y); (3) pengaruh persepsi siswa tentang kreativitas guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa MAN 1 Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif yang dihitung dengan menggunakan cara statistik inferensial.
Hasil penelitian ini adalah (1) perhitungan menggunakan regresi linier sederhana tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang kreativitas guru (X1) terhadap prestasi belajar SKI (Y) siswa di MAN 1 Kota Semarang.; (2) perhitungan regresi linier sederhana tidak terdapat pengaruh yang signifikanantara motivasi belajar (X2) terhadap prestasi belajar SKI (Y) siswa di MAN 1 Kota Semarang; (3) perhitungan regresi linier ganda, menunjukkan pengaruh yang tidak signifikan antara persepsi siswa tentang kreativitas guru (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap prestasi belajar SKI (Y) siswa di MAN 1 Kota Semarang. Pada regresi linier sederhana dijelaskan pada nilai R2 (R-Square) sebesar 1,9%, tanda positif pada koefisien regresi dan nilai Fhitungyang lebih kecil dari nilai Ftabel (Fhitung = 1,632 ˃ Ftabel(0,05;2;168)= 3,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi siswa; Kreativitas guru; Motivasi belajar; Prestasi belajar; Sejarah kebudayaan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Annisa Rizki Safitri
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:26
Last Modified: 07 Apr 2022 06:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15717

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics