Implementasi metode pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran matematika kelas V semester II materi sifat-sifat bangun datar di SDN Karangmlati1 Demak tahun ajaran 2012-2013.

Iistiqomah, Iistiqomah (2013) Implementasi metode pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran matematika kelas V semester II materi sifat-sifat bangun datar di SDN Karangmlati1 Demak tahun ajaran 2012-2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093911023_Coverdll.pdf]
Preview
Text
093911023_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 093911023_Bab1.pdf]
Preview
Text
093911023_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 093911023_Bab2.pdf]
Preview
Text
093911023_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 093911023_Bab3.pdf]
Preview
Text
093911023_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 093911023_Bab4.pdf]
Preview
Text
093911023_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 093911023_Bab5.pdf]
Preview
Text
093911023_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of 093911023_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093911023_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode tutor sebaya pada kelas V SDN 1 Karangmlati Demak.
Penelitian ini tergolong sebagai penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bersifat atau memiliki karakteristik, bahwa datanya dinyatakan dalam keadaan sewajarnya atau sebagaimana adanya dengan tidak merubah dalam bentuk simbol-simbol atau bilangan dengan pendekatan mencoba menciptakan dan memahami kehidupan sehari-hari dari subjek, setelah itu dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi : observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian penerapan metode tutor sebaya pada kelas V SDN Karangmlati 1 Demak yaitu: 1 dapat meningkatkan semangat belajar peserta didik di kelas, 2) peserta didik yang tadinya tidak berani bertanya di kelas menjadi berani bertanya, 3) peserta didik yang tadinya pendiam dapat saling berinteraksi dan bergaul dengan temannya, 4) dengan adanya pelaksanaan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan nilai peserta didik, 5) perbandingan antara pelaksanaan metode tutor sebaya dengan metode ceramah tersebut menunjukkan adanya kelebihan dan kekurangan dalam penerapan metode tersebut. Orientasi proses pembelajaran tutor sebaya ini dilakukan dengan cara membentuk kelompok dimana dalam setiap kelompok dipimpin oleh salah satu tutor yaitu temannya sendiri yang memiliki kemampuan lebih. Dalam pembelajaran tutor sebaya ini peserta didik saling berinteraksi dan membantu antar sesama teman. Tugas tutor disini yaitu menjelaskan tentang materi yang akan dibahas kepada teman kelompoknya mendengarkan penjelasan dari tutor, ketika peserta didik ada yang belum faham dengan materi yang disampaikan oleh tutor maka peserta didik dapat bertanya kepada tutor. Di sini posisi pendidik lebih banyak memberikan bantuan kepada peserta didik dan mengamati jalannya pembelajaran tersebut. Sehingga proses pembelajaran aktif dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Matematika; Tutor Sebaya
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 05 Mar 2014 08:59
Last Modified: 05 Mar 2014 08:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1607

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics