Efektivitas model pembelajaran two stay two stray dan picture and picture terhadap hasil belajar matematika bangun ruang pada peserta didik kelas V MIN Bawu Batealit Jepara

Harjanti, Istiqomah Retna (2013) Efektivitas model pembelajaran two stay two stray dan picture and picture terhadap hasil belajar matematika bangun ruang pada peserta didik kelas V MIN Bawu Batealit Jepara. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093911031_Coverdll.pdf]
Preview
Text
093911031_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (705kB) | Preview
[thumbnail of 093911031_Bab1.pdf]
Preview
Text
093911031_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 093911031_Bab2.pdf]
Preview
Text
093911031_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (371kB) | Preview
[thumbnail of 093911031_Bab3.pdf]
Preview
Text
093911031_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 093911031_Bab4.pdf]
Preview
Text
093911031_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 093911031_Bab5.pdf]
Preview
Text
093911031_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 093911031_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093911031_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (183kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran two stay two stray dan picture and picture efektif terhadap hasil belajar matematika bangun ruang pada peserta didik kelas V MIN Bawu Batealit Jepara.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang berdesain one-shot case study, yang dilaksanakan di MIN Bawu Batealit Jepara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V MIN Bawu Batealit Jepara, yang terdiri dari VA, VB, VC dan VD. Sampelnya adalah kelas VA yang terdiri dari 40 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Dalam penelitian ini kelas VA diberi perlakuan berupa pembelajaran matematika materi bangun ruang dengan menggunakan model pembelajaran two stay two stray dan picture and picture. Setelah pembelajaran selesai kelas eksperimen diberi post-test. Post-test inilah yang digunakan untuk mengetahui apakah rata-rata hasil belajar matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran two stay two stray dan picture and picture lebih besar dari KKM yang ditentukan dari pihak sekolah.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode tes. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh gambaran umum dan data peserta didik. Sedangkan metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar kognitif peserta didik. Untuk mendapatkan data yang obyektif terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen meliputi pengujian validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran.
Data hasil penelitian yang telah terkumpul, dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-test. Berdasarkan perhitungan t-test pihak kanan dengan taraf signifikasi = 5% diperoleh thitung = 4,541, sedangkan ttabel = 1,684. Karena thitung>ttabel maka berarti rata-rata hasil belajar Matematika peserta didik yang diberi pembelajaran dengan menggunakan model two stay two stray dan picture and picture lebih besar daripada KKM. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 83,30 sedangkan KKM yang ditentukan dari sekolah adalah 75, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran two stay two stray dan picture and picture efektif terhadap hasil belajar matematika bangun ruang pada peserta didik kelas V MIN Bawu Batealit Jepara.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah terutama dalam menerapkan strategi, metode, dan model pembelajaran yang baik dan tepat, yang dapat menumbuhkan aktivitas belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Two Stay Two Stray; Picture to Picture; Hasil Belajar; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 06 Mar 2014 02:49
Last Modified: 06 Mar 2014 02:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1608

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics