Efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar peserta didik kelas III pada mata pelajaran IPA materi pokok pengaruh energi dalam kehidupan sehari-hari di MI Infarul Ghoy Plamongansari Pedurungan Semarang
Wildatin, Sania (2013) Efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar peserta didik kelas III pada mata pelajaran IPA materi pokok pengaruh energi dalam kehidupan sehari-hari di MI Infarul Ghoy Plamongansari Pedurungan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093911060_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (993kB) | Preview
093911060_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (270kB) | Preview
093911060_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (123kB) | Preview
093911060_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (62kB) | Preview
093911060_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (81kB) | Preview
093911060_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (13kB) | Preview
093911060_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (9kB) | Preview
Abstract
Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture diartikan mengurutkan gambar dengan berkerja sama atau berkelompok. Dengan demikian peserta didik dapat mengurutkan gambar dan mendiskusikan bersama kelompoknya, tidak merasa bosan, mudah dimengerti dan diingat, serta pengkajian yang efektif dan lebih cepat, karena model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture mempunyai unsur-unsur yang membuatnya lebih baik dari pada metode ceramah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar peserta didik kelas III Madrasah Ibtidaiyah Infarul Ghoy Plamongansari Pedurungan Semarang pada materi pengaruh energi dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen bentuk pretest-posttest kontrol design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III Madrasah Ibtidaiyah Infarul Ghoy Plamongansari Pedurungan Semarang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan metode tes. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah efektifitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture. Adapun indikatornya meliputi guru melakukan pembelajaran dengan menggunakan gambar, keaktifan peserta didik dalam berdiskusi dan partisipasi dalam menyusun gambar dan memecahkan masalah kelompok. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik kelas III dalam materi pengaruh energi dalam kehidupan sehari-hari di MI Infarul Ghoy Plamongansari Pedurungan Semarang. Adapun indikator dalam penelitian ini yaitu rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberi perlakuan. Meningkatkan hasil belajar ditinjau dari ranah kognitif. Dalam ranah kognitif data penelitian yang terkumpul digunakan analisis uji t-test.
Berdasarkan hasil t-test, dihasilkan bahwa = 2,277 dan = 2,00 dengan taraf nyata 5%. Karena > maka data tersebut signifikan. Dengan demikian hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi: “Model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi pokok pengaruh energi dalam kehidupan sehari-hari di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Ghoy Plamongansari Pedurungan Semarang” diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif; Picture and Picture; Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 06 Mar 2014 02:50 |
Last Modified: | 06 Mar 2014 02:50 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1612 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year