Pengaruh bimbingan orang tua terhadap minat belajar siswa kelas III mapel fikih materi puasa Ramadhan di MI As-Salafiyah Lahar Tlogowungu Pati tahun 2012/2013.
Shofa, Yuyun Soryana (2013) Pengaruh bimbingan orang tua terhadap minat belajar siswa kelas III mapel fikih materi puasa Ramadhan di MI As-Salafiyah Lahar Tlogowungu Pati tahun 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093911078_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (416kB) | Preview
093911078_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (343kB) | Preview
093911078_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (678kB) | Preview
093911078_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
093911078_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
093911078_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (113kB) | Preview
093911078_Bibliogfari.pdf - Bibliography
Download (176kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Bimbingan Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah AS-Salafiyah Lahar Pati Tahun Pelajaran 2012-2013, dengan rumusan masalah: 1). Bagaimana bentuk kegiatan orang tua dalam memberikan bimbingan belajar siswa kelas III pada mapel fikih materi puasa ramadhan di MI AS-Salafiyah? 2), Bagaimana kondisi minat belajar siswa kelas III pada mapel fikih materi puasa ramadhan di MI AS-Salafiyah? 3) Seberapa tingkat pengaruh bimbingan orang tua terhadap minat belajar siswa kelas III pada mapel fikih materi puasa ramadhan di MI AS-Salafiyah?
Tujuan penelitian, yaitu Untuk mengetahui: 1) mengetahuibentuk kegiatan orang tua dalam memberikan bimbingan belajar siswa kelas III pada mapel fikih materi puasa ramadhan di MI AS-Salafiyah 2). mengetahui minat belajar siswa kelas III pada mapel fikih materi puasa ramadhan di MI AS-Salafiyah3). Apakah ada pengaruh antara bimbingan orang tua denganminat belajar siswa kelas III MI AS-Salafiyah?
Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Data dikumpulkan dengan angket atau questionaire kepada 34 responden kelas III secara langsung di MI AS-Salafiyah Pati. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi satu prediktor.
Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: bimbingan orang tuamasuk kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 81,32 berada dalam interval 77-83.Minat belajar siswa kelas III MI AS-Salafiyahdalam kategori baik, dengan nilai rata-rata 81,41 berada pada interval 78-85.
Bimbingan orang tua mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar siswa di MI AS-Salafiyah Pati, dengan hasil nilai koefisien korelasi rxy = 0,801>rt(5%) = 0,339 dan rt (1%) = 0,436. Sedangkan dalam uji Freg diketahui, bahwa Freg = 57,137>Ftabel (1%) = 0,436 dan Ftabel (5%) = 0,339. Ini berarti signifikan sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh positif antara bimbingan orang tua terhadap minat belajar siswa kelas III di MI AS-SalafiyahPati dapat diterima.
Dengan demikian semakin baik bimbingan belajar orang tua, semakin tinggi pula minat belajar siswa kelas III pada mapel fikih materi puasa ramadhan di MI AS-Salafiyah Pati.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; Bibingan Orang Tua; Minat Belajar; Fikih |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 06 Mar 2014 02:54 |
Last Modified: | 15 Nov 2021 08:24 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1614 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year