Upaya meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan melukis airbrush pada kelompok B di TK Al Irsyad Sumberejo Mranggen tahun ajaran 2020

Dhakhlia, Irsahana (2021) Upaya meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan melukis airbrush pada kelompok B di TK Al Irsyad Sumberejo Mranggen tahun ajaran 2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603106063_Irsahana Dhakhlia_FULL SKRIPSI] Text (SKRIPSI_1603106063_Irsahana Dhakhlia_FULL SKRIPSI)
1603106063_IRSAHANA DHAKHLIA_FULL SKRIPSI - Irsahana Dhakhlia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kreativitas melukis anak dengan menggunakan teknik airbrush belum terlaksana dengan baik. Kegiatan di TK Al Irsyad masih menggunakan media lukis konvesional. Kreativitas anak perlu ditingkatkan dengan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif. Media yang kreatif dan inovatif menjadikan anak mamapu bereksplorasi dan berekspresi menuangkan imajainasinya. Salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas adalah melalui kegiatan melukis airbrush.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkakan kreativitas anak melalui kegiatan melukis airbrush pada kelompok B di TK AL Irsyad Sumberejo Mranggen. Penelitian ini mengambil fokus masalah: 1) Bagaimana upaya meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan melukis airbrush Pada Kelompok B di TK Al Irsyad Sumberejo Mranggen Tahun Ajaran 2020 ?
Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah pesera didik TK Al Irsyad kelompok B yang berjumlah 18 anak 10 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi dan dokumentasi. Dengan judul “upaya meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan melukis airbrush”
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa melalui kegiatan melukis airbrush dapat meningkatkan kreaivitas anak pada kelompok B di TK Al Irsyad sumberejo Mranggen. Terlihat dari adanya peningkatan prestasi pada setiap tahap siklus nya yaitu pada pratindakan penelitian didapatkan hasil 40,27 %, kemudian pada siklus I mengalami peningkatan rata-rata peningkatan kreativitas anak mencapai 60,27%, dan siklus II rata-rata peningkatan kreativitas mencapai 86,66% dengan pencapaian indikator 75%

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kreativitas anak; Kegiatan melukis airbrush
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Jun 2022 03:41
Last Modified: 11 Jun 2022 03:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16204

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics