Pengaruh pembelajaran daring terhadap kemampuan menulis anak usia 4-5 tahun di TK IT At Tho’ah Pedurungan Lor Semarang

Chamidah, Lia Ula (2021) Pengaruh pembelajaran daring terhadap kemampuan menulis anak usia 4-5 tahun di TK IT At Tho’ah Pedurungan Lor Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of skripsi_1703106018_Lia Ula Chamidah_ Full Skripsi] Text (skripsi_1703106018_Lia Ula Chamidah_ Full Skripsi)
1703106018_Lia Ula Chamidah_ Full Skripsi - Maulidha Safitri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap kemampuan menulis anak usia 4-5 tahun di TK IT At Tho’ah Semarang. Kemampuan menulis adalah proses seseorang dalam belajar untuk terlatih menggerakkan jari tangan dengan melibatkan otot, otak, dan syaraf. Kemampuan ini diajarkan ditingkat PAUD untuk mempermudah pembelajaran pada jenjang sekolah selanjutnya.
Penelitian kuantitatif lapangan (field research) merupakan jenis penelitian ini. Pemilihan sampelnya menggunakan sampling jenuh atau sampel sebanyak jumlah populasi yaitu sebanyak 27 anak umur 4-5 tahun di TK IT At Tho’ah Pedurungan Lor Semarang tahun ajaran 2021-2022. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik dokumentasi, observasi dan tes. Teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh data hasil tes fisik motorik halus pada kemampuan menulis anak usia 4-5 tahun sebelum pembelajaran daring, sedangkan tes untuk mengetahui kemampuan menulis saat pembelajaran dalam jaringan di TK IT At Tho’ah Pedurungan Lor Semarang tahun ajaran 2021-2022. Validitas yang dilakukan adalah validitas product moment. Validitas product moment untuk instrumen tes perkembangan fisik motorik halus pada kemampuan menulis saat pembelajaran daring diperoleh hasil 7 pernyataan yang sudah diuji cobakan dan semua valid. Realiabilitas dihitung menggunakan teknik konsistensial internal Alpha Croanbach memiliki hasil angka 0,489 yaitu r11 > 0,60. Karena 0,489 > 0,381 yang berarti instrumen tersebut reliabel. Uji tingkat kesukaran soal adalah 7 soal dengan tingkat mudah. Uji daya beda soal dengan hasil 5 soal cukup (sedang), 2 soal rendah. Analisis data hasil penelitian diuji cobakan dengan uji normalitas baru kemudianmencari pengaruh pembelajaran daring terhadap perkembangan fisik motorik halus pada kemampuan menulis anak dengan regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan pembelajaran daring terhadap perkembangan fisik motorik halus pada kemampuan menulis anak usia 4-5 tahun di TK IT At Tho’ah Pedurungan Lor Semarang dengan diketahui hasil nilai signifikan (Sig.) sebesar 0,00 lebih kecil dari < probabilitas 0,05 bahwa Ho diolak dan Ha diterima dan dari output R Square sebesar 13,4%. Nilai ini memiliki arti bahwa pengaruh daring terhadap kemampuan menulis anak adalah sebesar 13,4% sedangkan 86,6% kemampuan menulis anak dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran daring; Kemampuan menulis; Anak usia dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Jun 2022 03:32
Last Modified: 11 Jun 2022 03:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16211

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics