Metode pengembangan kecakapan berbahasa anak yang terlambat berbicara (speech delay) di kampung Sukapura Kecamatan Cilincing Jakarta Utara

Cahyaningsih, Siti (2021) Metode pengembangan kecakapan berbahasa anak yang terlambat berbicara (speech delay) di kampung Sukapura Kecamatan Cilincing Jakarta Utara. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1703106065_Siti Cahyaningsih_Lengkap] Text (SKRIPSI_1703106065_Siti Cahyaningsih_Lengkap)
1703106065_Siti Cahyaningsih_Tugas Akhir_ - siti cahya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana metode pengembangan bagaimana kecakapan berbahasa anak yang terlambat berbicara (speech delay ) di kampong sukapura kecamatan cilincing Jakarta utara. Penelitian ini melatar belakangi Masalah keterlambatan bicara pada anak. Keterlambatan bicara dapat diketahui dari ketepatan penggunaan kata, yang ditandai dengan pengucapan yang tidak jelas dan dalam berkomunikasi hanya dapat menggunakan bahasa isyarat, sehingga orang tua maupun orang yang ada disekitarnya kurang dapat memahami anak, walaupun si anak sebenarnya dapat memahami apa yang dibicarakan orang. Keterlambatan bicara ini nantinya tidak hanya dapat mempengaruhi penyesuaian sosial dan pribadi anak, tetapi juga dapat mempengaruhi penyesuaian akademis anak. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan : (1) Faktor apa saja yang mempengaruhi keterlambatan bicara (speech delay)pada anak di kampung Sukapura kecamatan Cilincing Jakarta Utara? (2) Bagaimana Perlakuan yang diberikan oleh orang tua dan lingkungan dalam menanggapi permasalahan keterlambatan bicara (speech delay) pada anak di Kampung Sukapura Kecamatan Cilincing Jakarta Utara Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, catatan lapangan, serta dokumentasi pendukung untuk memperkuat kebenaran data yang diambil. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ketekunan pengamatan di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 8 faktor yang mempengaruhi keterlambatan bicara Speech delay) yang terjadi pada subjek dalam kasus ini. 8 faktor tersebut adalah Intelegensi atau kecerdasan, Jenis disiplin, Posisi urutan, Besarnya keluarga, Status sosial ekonomi, Status ras, Berbahasa dua, dan Penggolongan peran seks.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecakapan berbahasa; Speech delay; Anak usia dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Jun 2022 03:24
Last Modified: 11 Jun 2022 03:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16221

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics