Pengaruh pola asuh orang tua terhadap perilaku moral anak usia 5-6 tahun di RA Perwanida 01 Cepiring Kendal

Nafi’a, Silva Imtan (2021) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap perilaku moral anak usia 5-6 tahun di RA Perwanida 01 Cepiring Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1703106080_Silva Imtan N_SKRIPSI FULL] Text (SKRIPSI_1703106080_Silva Imtan N_SKRIPSI FULL)
1703106080_Silva Imtan_Skripsi Full - Silva Imtan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai bagaimana pengaruh pola asuh orangtua terhadap perilaku moral anak di RA Perwanida 01 Cepiring Kendal. Penelitian ini melatar belakangi masalah pola asuh yang dilakukan orangtua terhadap perilaku moral anak. Di RA Perwanida 01 cepiring ini terdapat orangtua yang menerapkan pola asuh secara berbeda-beda diantaranya: pola asuh otoriter, pola asuh demokratis, dan pola asuh campuran (permisif dan demokratis). Pengaruh pola asuh orangtua terhadap perilaku moral anak memiliki tingkat capaian perkembangan yang cukup baik meliputi otoriter sebanyak 33% dengan capaian perilaku moral anak yaitu mulai berkembang (MB), dan berkembang sesuai harapan (BSH). Pola asuh demokratis sebanyak 50% dengan capaian perilaku moral anak yaitu berkembang sangat baik (BSB), Sedangkan anak dengan pola asuh campuran (demokratis dan permisif) sebanyak 17% dengan capaian perilaku moral anak yaitu berkembang sangat baik (BSB).
Penelitian ini mengambil fokus penelitian 1) cara orangtua dalam mengasuh anak, 2) tingkat capaian perkembangan moral anak. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif lapangan dengan subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, dan wali murid siswa. Objek dalam penelitian ini adalah anak/siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan alat bantu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi sebagai pendukung dalam memperkuat data yang diambil. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Sedangkan uji keabsahan data dengan menggunakan teknik keteralihan (transferability), ketergantungan (dependability) dan kepastian (confirmability).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat tiga macam pola asuh orangtua yang diterapkan orangtua di RA erwanida 01 Cepiring dengan masing-masing presentase yaitu pola asuh otoriter sebanyak 33% dengan capaian perilaku moral anak yaitu mulai berkembang (MB), dan berkembang sesuai harapan (BSH), anak mampu mengenal, dan membaca huruf hijaiyah dengan baik, mampu melafalkan doa-doa keseharian, mampu berbicara apa adanya tanpa berbohong, dan mampu menjaga kebersihan diri dan lingkungan dengan baik. Pola asuh demokratis sebanyak 50% dengan capaian perilaku moral anak yaitu berkembang sangat baik (BSB) anak mampu mengaji dengan baik, mampu melafalkan doa-doa keseharian dengan baik, berbicara apa adanya tanpa berbohong, membiasakan untuk mengucapkan kata terimakasih, maaf dan permisi, menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Sedangkan anak dengan pola asuh campuran (demokratis dan permisif) sebanyak 17% dengan capaian perilaku moral anak yaitu berkembang sangat baik (BSB), anak mampu mengaji, membaca dan melafalkan doa-doa keseharian dengan baik dan lancar, mampu berbicara jujur dan sopan dengan baik seperti mengucapkan maaf, permisi, dan terimakasih, serta mampu menjaga kebersihan diri dan lingkungan menyapu halaman rumah, memakai baju sendiri dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pola asuh orangtua; Perilaku moral anak; Anak usia dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Jun 2022 03:22
Last Modified: 11 Jun 2022 03:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16224

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics