Implementasi pembelajaran bilingual pada siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Al-Musyaffa’ Semarang tahun ajaran 2021/2022

Safira, Dina (2021) Implementasi pembelajaran bilingual pada siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Al-Musyaffa’ Semarang tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1803096127_DINA SAFIRA_Lengkap] Text (SKRIPSI_1803096127_DINA SAFIRA_Lengkap)
1803096127_DINA SAFIRA_Lengkap Tugas Akhir - Dina Safira.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitan elitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan masyarakat dalam berkomunikasi di dunia global. Program bilingual hadir sebagai solusi untuk membekali dan mempermudah peserta didik dalam berkomunikasi dengan baik dan benar serta menghadapi tantangan di era 4.0. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif yang melibatkan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pembelajaran bilingual di MI Al-Musyaffa’ dengan proses pembelajaran bilingual kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Al-Musyaffa’ melalui tiga tahap, diantaranya: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, dan 3) Evaluasi. Pembelajaran metode bilingual kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Al-Musyaffa’ dengan model bernyanyi, bermain, dan karya wisata di sekitar madrasah. Faktor pendukungnya adalah motivasi siswa yang tinggi dan sarana prasarana di lingkungan madrasah. Sedangkan faktor untuk penghambatnya adalah perbedaan karakteristik siswa dan kompetensi tenaga pendidik yang kurang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran bilingual; MI Al-Musyaffa’
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Jun 2022 06:50
Last Modified: 11 Jun 2022 06:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16233

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics