Analisis kesulitan belajar Matematika materi Pecahan pada siswa kelas V MI Al Hikmah Sendangguwo Semarang tahun pelajaran 2021/2022

Ekarista, Khafifah Hervi (2022) Analisis kesulitan belajar Matematika materi Pecahan pada siswa kelas V MI Al Hikmah Sendangguwo Semarang tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1803096111_Khafifah Hervi Ekarista_Lengkap] Text (skripsi_1803096111_Khafifah Hervi Ekarista_Lengkap)
PGMI_1803096111_Khafifah Hervi Ekarista_Tugas Akhir - Khafifah Hervi Ekarista.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya siswa yang kesulitan belajar dalam memahami materi pecahan karena ketidakmampuan menggunakan konsep matematika secara benar khususnya di Kelas V MI Al Hikmah Sendangguwo Semarang. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu 1) Apa saja faktor penyebab kesulitan belajar matematika materi pecahan?; 2) Bagimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar matematika?.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini yaitu kesulitan belajar matematika materi pecahan yang dialami siswa antara lain kurangnya pemahaman konsep, kesulitan dalam mengoperasikan matematik dan kurangnya pemahaman siswa terhadap pemecahan masalah. Faktor yang menyebabkan kesulitan tersebut berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi sikap dan minat siswa saat pembelajaran matematika, kurangnya motivasi belajar siswa, kesehatan tubuh yang tidak optimal serta terganggunya kemampuan pengindraan siswa. Sedangkan faktor eksternal meliputi tidak tersedianya media dan alat penunjang pembelajaran, sarana prasarana di sekolah dan lingkungan keluarga yang kurang mendukung. Kemudian upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar matematika yaitu guru dapat menerapkan pembelajaran diferensiasi secara optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kesulitan belajar matematika; Materi pecahan; MI Al Hikmah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Jun 2022 07:00
Last Modified: 11 Jun 2022 07:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16237

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics