Analisis perangkat pembelajaran matematika berbasis keterampilan abad 21 pada guru kelas tinggi di MI Tarbiyatul Khairat Semarang

Musyaadah, Afifatum (2022) Analisis perangkat pembelajaran matematika berbasis keterampilan abad 21 pada guru kelas tinggi di MI Tarbiyatul Khairat Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam menunjang pengembangan keterampilan abad 21 di dalam proses pembelajaran tidak hanya dengan penyusunan perangkat pembelajaran saja, akan tetapi harus diimplementasikan dengan benar di dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu tugas pendidik adalah mengkondisikan pembelajaran dengan sebaik mungkin agar semua aspek dari keterampilan abad 21 dapat di implementasikan kepada siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah yang akan dibahas terkait kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan lembar kerja siswa yang digunakan pada saat pembelajaran matematika kelas tinggi berdasarkan keterampilan abad ke 21. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan tekhnik pengumpulan observasi, dokumentasi dan wawancara.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru kelas tinggi di MI Tarbiyatul Khairat secara keseluruhan sudah memuat keempat indikator keterampilan abad 21 yaitu collaboration, communication, creativity dan critical thinking. Namun indikator berpikir kritis belum nampak secara maksimal dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dan lembar kerja yang digunakan pada proses pembelajaran matematika kelas tinggi di MI Tarbiyatul Khairat Semarang keseluruhan sudah memuat keempat ndikator keterampilan abad 21 yaitu collaboration, communication, creativity dan critical thinking. Namun, indikator yang belum nampak secara maksimal yaitu creativity dan critical thinking,

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran matematika; Keterampilan abad 21; RPP; Lembar kerja siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Jun 2022 07:09
Last Modified: 11 Jun 2022 07:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16238

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics