Analisis kestabilan model penyebaran rumor dengan mempertimbangakan sikap debunking dalam keadaan darurat

Aryndiah, Aryndiah (2021) Analisis kestabilan model penyebaran rumor dengan mempertimbangakan sikap debunking dalam keadaan darurat. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708046024_Aryndiah] Text (Skripsi_1708046024_Aryndiah)
Skripsi_1708046024_Aryndiah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas analisis kestabilan model penyebaran rumor dengan mempertimbangkan sikap debunking dalam keadaan darurat. Model yang digunakan diambil dari jurnal karya Yong Tian dan Xuejun Ding yang berjudul “Rumor spreading model with considering debunking behavior in emergencies”. Seluruh populasi dikelompokkan menjadi lima kelas, yaitu ignorant (I), latents (L), rumor spreader (R), debunkers (D), dan stiflers (S). Dimana, (I) adalah individu yang tidak mengetahui rumor, (L) adalah individu yang telah terpapar rumor, (R) adalah individu yang menyebarkan rumor, (D) adalah individu yang menyanggah rumor, dan (S) adalah individu yang tidak lagi meyebarkan rumor. Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan gambaran dari mekanisme penyebaran rumor sehingga dapat dilakukan upaya pengendalian sekaligus memberikan pemahaman tentang proses penyebaran rumor dalam keadaan darurat.
Pada model yang digunakan akan dilakukan tahapan analisis dinamik berupa penentuan titik kesetimbangan rumor dan analisis kestabilan titik kesetimbangan rumor, serta untuk mendukung hasil analitik akan dilakukan simulasi numerik. Metode yang digunakan dalam menentukan analisis kestabilan adalah studi pustaka. Hasil analisa menunjukkan bahwa model memiliki dua titik kesetimbangan, yaitu titik kesetimbangan bebas rumor E^0=(ε/ρ,0,0,0,0) dan titik kesetimbangan penyebaran rumor
E^*=(((α+β+γ+ρ)(δ+ξ+ρ)(θ+ρ))/(μα(θ+ρ)+kβ(δ+ξ+ρ)+kξα) ,(ε-ρI)/(α+β+γ+ρ ) ,αL/(δ+ξ+ρ),(β(δ+ξ+ρ)+ξα)/(δ+ξ+ρ)(θ+ρ) ∙L ,(δR+θD+γL)/ρ).
Titik kesetimbangan yang diperoleh akan digunakan untuk mencari angka reproduksi dasar (R_0). Analisis kestabilan pada keadaan bebas rumor akan stabil asimtotik lokal ketika R_0<1, artinya tidak ada rumor yang menyebar dalam populasi. Sedangkan, pada keadaan penyebaran rumor sistem akan stabil asimtotik lokal ketika R_0>1, artinya terdapat rumor yang menyebar dalam populasi. Selanjutnya, untuk mendukung hasil analisis dinamik dilakukan simulasi numerik pada model tersebut menggunakan software Matlab R2011a.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model epidemik ILRDS; Titik kesetimbangan; Analisis kestabilan
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 44201 - Matematika
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 26 Jun 2022 10:54
Last Modified: 26 Jun 2022 10:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16264

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics