Pengelolaan kelas PAUD dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik di TK Siwijaya Ringinarum Kendal
Pitalokasari, Ida (2013) Pengelolaan kelas PAUD dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik di TK Siwijaya Ringinarum Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093311014_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (658kB) | Preview
093311014_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (122kB) | Preview
093311014_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (341kB) | Preview
093311014_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (87kB) | Preview
093311014_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (182kB) | Preview
093311014_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (65kB) | Preview
093311014_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (119kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas pengelolaan kelas PAUD dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik. Kajiaanya dilatar belakangi perlunya kedisiplinan dalam mengelola kelas. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana pengelolaan kelas indoor dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik di TK Siwijaya Ringinarum ? (2) Bagaimana pengelolaan kelas outdoor dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik di TK Siwijaya Ringinarum? (3) Bagaimana problematika pengelolaan kelas indoor dan outdoor dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik TK Siwijaya Ringinarumdan solusinya ? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di TK Siwijaya Ringinarum Kendal. Sekolah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan gambaran tentang pengelolaan kelas. Datanya diperoleh dengan wawancara langsung, observasi dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan fenomenoligi teknik analisis deskriptif dengan logika induksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Pengelolaan kelas indoor menggunakan sistem klasikal terkendali, untuk menjaga kedisiplinan menggunakantata tertib dan pembiasaan. (2) Pengelolaan kelas outdoor dijalankan dengan membiasakan tata tertib. Untuk menjaga kedisiplinan adanya hukuman bagi yang melanggar. (3) Hambatan dan Solusi pengelolaan kelas indoor yakni : kurangnya alat peraga dan kurangnya minat anak dengan kegiatan yang telah dirancang guru. Solusinya : menambah alat peraga, dan guru harus kreatif, inovatif san variatif dalam merancang kegiatan. Hambatan dan solusi pengelolaan kelas outdoor yakni : terjadinya kecelakaan dan berebut permainan. Solusinya : idealnya 1 guru menangani 10 anak. Kedua anak selalu diingatkan dengan tata tertib dan anak dipancing untuk bermain dengan permainan yang lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin Belajar; Manajemen Pendidikan; Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 06 Mar 2014 10:05 |
Last Modified: | 06 Mar 2014 10:05 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1627 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year