Implementasi pembelajaran tajwid dalam membaca AL-Qur’an siswa kelas V MI Mazraatul Ulum 02 Paciran-Lamongan

Rahmaniyah, Novita (2021) Implementasi pembelajaran tajwid dalam membaca AL-Qur’an siswa kelas V MI Mazraatul Ulum 02 Paciran-Lamongan. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1703096005_Novita Rahmaniyah_Lengkap] Text (Skripsi_1703096005_Novita Rahmaniyah_Lengkap)
1703096005_Novita Rahmaniyah_Full Skripsi - Rahmaniyah novita.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran tajwid dalam membaca Al-Qur’an siswa kelas V MI Mazraatul Ulum 02 Paciran-Lamongan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni hasil wawancara kepala sekolah, guru mapel, waka kurikulum dan siswa-siswi kelas V MI Mazraatul Ulum 02. Sedangkan sumber data sekunder yakni data peserta didik dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan dokumen lainnya. Pengumpulan data ini dilakukan dengan kegiatan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil temuan implementasi pembelajaran tajwid dalam membaca Al-Qur’an siswa kelas V MI Mazraatul Ulum 02 Paciran-Lamongan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada kegiatan perencanaan guru menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Pada kegiatan pelaksanaan terdiri dari pendahuluan muncul aktivitas siswa membaca nadhoman syifaul jinan. Pada kegiatan inti muncul aktivitas siswa membaca, mengamati, menelaah dan menghafal hukum mad thabi’i. Pada kegiatan penutup muncul aktivitas siswa melakukan refleksi terkait materi mad thabi’i. Dan pada kegiatan evaluasi, evaluasinya berupa tiga peniliaian yaitu penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Pembelajaran tajwid; Al-Qur’an; Siswa kelas V MI
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 04 Jul 2022 00:51
Last Modified: 04 Jul 2022 00:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16344

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics