Evaluasi pelaksanaan pembelajaran matematika secara daring pada kelas IV MIN 2 Sukoharjo

Muhtari, Zuyyina Fadhila (2021) Evaluasi pelaksanaan pembelajaran matematika secara daring pada kelas IV MIN 2 Sukoharjo. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1703096023_ZuyyinaFadhilaMuhtari_Lengkap] Text (Skripsi_1703096023_ZuyyinaFadhilaMuhtari_Lengkap)
1703096023_ZuyyinaFadhilaMuhtari_Lengkap Tugas Akhir - Zuyyina Fadhila Muhtari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pada pembelajaran matematika terdapat guru dan siswa kelas 4 yang mengalami kemudahan dan kesulitan saat dilaksanakan secara daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran matematika secara daring yang dialami oleh guru dan siswa kelas IV MIN 2 Sukoharjo.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru matematika dan 12 siswa kelas 4 MIN 2 Sukoharjo. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika secara daring telah berjalan dengan lancar, namun belum maksimal. Pada tahap perencanaan pembelajaran guru telah menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 1 Lembar, materi pokok pembelajaran, media pembelajaran, serta assesment untuk penilaian pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran matematika secara daring, terdapat beberapa hal/ kegiatan dalam RPP yang tidak terlaksana dan pembelajaran belum dapat melibatkan keaktifan siswa. Pada pelaksanaan penilaian pembelajaran, guru melakukan penilaian dengan tes. Siswa diminta mengerjakan assesment yang telah dibuat. Soal-soal yang dibuat oleh guru telah sesuai/ konsisten dengan KD atau tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini, maka diperlukan kembali adanya pengembangan kompetensi guru mengenai pentingnya membuat RPP sebagai pedoman dalam setiap proses pembelajaran. Sehingga, proses pembelajaran yang dilaksanakan dapat terarah dan tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan sebaik-baiknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Evaluasi; Pembelajaran daring; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 04 Jul 2022 00:50
Last Modified: 04 Jul 2022 00:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16351

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics