Analisis pembelajaran tahfidz Al Qur'an sebagai program unggulan di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Wates Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang

Masykuroh, Feni Nikmatul (2021) Analisis pembelajaran tahfidz Al Qur'an sebagai program unggulan di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Wates Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1703096076_FeniNikmatulMasykuroh_Lengkap] Text (Skripsi_1703096076_FeniNikmatulMasykuroh_Lengkap)
1703096076_FeniNikmatulMasykuroh_Lengkap Tugas Akhir - Feni Nikmatul.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjawab rumusan masalah: bagaimana pelaksanaan program unggulan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an kelas V MI Darul Ulum Wates Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang.
Penelitian ini termasuk penelitian diskriptif kualitatif. Data yang diperoleh menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan diadakannya program unggulan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an agar sesuai dengan VISI dan MISI madrasah serta sudah hafal 4 juz (juz 30, 29, 1 dan 2). Pelaksanaan program unggulan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di kelas V dilaksanakan 2 kali pertemuan setiap pekannya.
Proses penilaian dilakukan oleh pendidik ketika masing-masing peserta didik telah menyetorkan hafalan pada jadwalnya tahfidz dengan mencatat hasil penilaian dibuku guru kemudian terdapat buku takhasus atau rapor untuk dilaporkan kepada orang tua peserta didik saat pembagian rapor semester.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Program unggulan; Tahfidz Al-Qur’an
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 08 Jul 2022 08:13
Last Modified: 08 Jul 2022 08:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16366

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics