Pengembangan modul ikatan kimia terintegrasi Augmented Reality (AR)

Yanuar, Umar Said (2021) Pengembangan modul ikatan kimia terintegrasi Augmented Reality (AR). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708076031_Umar Said Yanuar_File Lengkap] Text (Skripsi_1708076031_Umar Said Yanuar_File Lengkap)
1708076031_Umar Said Yanuar_File Lengkap Tugas Akhir - Sukses Dunia Akhirat.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang adanya masalah siswa terhadap proses pembelajaran daring yang kurang efektif, sulitnya memahami materi ikatan kimia yang bersifat abstrak atau bersifat submikroskopis, sekaligus media yang masih kurang membantu pemahaman siswa dalam pembelajaran serta adanya potensi pemanfaatan fasilitas pribadi berupa smartphone dan laptop yang dapat dimaksimalkan dalam pembelajaran kimia. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui validitas serta kelayakan modul ikatan kimia terintegrasi augmented reality yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang meliputi tahapan analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Hasil penelitian pengembangan ini terhadap validasi modul ikatan kimia terintegrasi AR pada validasi ahli materi mendapatkan kategori Baik dengan nilai sebesar 4,0 dan hasil validasi ahli media mendapatkan kategori Baik dengan nilai sebesar 4,0 serta penilaian kelayakan pada respon siswa mendapatkan kategori Sangat Baik dengan persentase 98,09%. Manfaat pada penelitian ini yaitu modul yang peneliti kembangkan dapat dijadikan alternatif media pembelajaran bagi siswa maupun guru serta dapat dijadikan referensi penelitian pengembangan media pembelajaran bagi peneliti lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran; Augmented reality; Ikatan kimia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 541 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 23 Jul 2022 02:56
Last Modified: 27 Oct 2022 07:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16428

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics