Pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap hasil belajar siswa di masa pandemi

Furaeda, Anik Jihan (2021) Pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap hasil belajar siswa di masa pandemi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708076061_Anik Jihan Furaeda_Full] Text (Skripsi_1708076061_Anik Jihan Furaeda_Full)
1708076061_Anik Jihan Furaeda_Full Skripsi - Anik Jihan Furaeda UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Model Pembelajaran POE terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI MIPA SMA Pondok Modern Selamat Kendal di masa Pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain eksperimen nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 31 peserta didik kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan 31 peserta didik kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengambil sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran POE dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada materi laju reaksi . Dibuktikan dengan hasil uji kesamaan dua rata-rata kemampuan hasil belajar peserta didik pada taraf signifikansi (Sig.) 0,05 atau 5% didiapatkan nilai (sig) 0,006. Rata-rata nilai N-Gain kelas ekperimen sebesar 0,53 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran POE; Hasil belajar siswa; Laju reaksi; Pandemi covid-19
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 541 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 23 Jul 2022 03:22
Last Modified: 27 Oct 2022 07:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16433

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics