Uji kelayakan media pembelajaran video praktikum laju reaksi berbasis green chemistry

Chamidah, Afifah Nur (2021) Uji kelayakan media pembelajaran video praktikum laju reaksi berbasis green chemistry. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808076042_Afifah Nur Chamidah_Lengkap] Text (Skripsi_1808076042_Afifah Nur Chamidah_Lengkap)
1808076042_Afifah Nur Chamidah_Full Skripsi - Afifah Nur Chamidah UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan oleh diperlukannya suatu metode praktikum yang mampu memberikan pengalaman langsung kepada siswa meskipun harus dilakukan di rumah karena pembelajaran daring. Praktikum yang dikembangkan tentunya menggunakan alat dan bahan yang murah, mudah ditemukan, serta mudah dilakukan agar siswa dapat menirukannya secara mandiri di rumah. Praktikum ini juga menerapkan prinsip green chemistry dengan menggunakan bahan yang aman bagi lingkungan serta bagi siswa karena menggunakan bahan yang biasa digunakan untuk kepentingan konsumsi (cuka dapur dan soda kue). Agar siswa lebih mudah mempraktekkan praktikum ini, maka diperlukan suatu media audiovisual agar siswa tidak miskonsepsi dengan cara kerja praktikum serta materi yang dibahas. Penelitian ini membahas mengenai uji kelayakan dari media pembelajaran berupa video praktikum laju reaksi berbasis green chemistry yang didasarkan pada media yang telah dikembangkan sebelumnya. Media pembelajaran yang dikembangkan diuji kelayakannya oleh para ahli yaitu guru pengampu mata pelajaran kimia yang sudah pernah mengajarkan praktikum laju reaksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji kelayakan media yang sudah dikembangkan berdasarkan penilaian dari guru, serta mengetahui respons siswa terhadap media yang sudah dilakukan perbaikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif deskriptif, dimana akan didapatkan data berupa data kuantitatif dari analisis rasch yang kemudian dijelaskan secara deskriptif. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, didapatkan bahwa media telah layak untuk diterapkan dalam pembelajaran dengan dilakukan beberapa perbaikan terhadap media. Adapun respons yang didapatkan dari siswa yaitu baik, dimana hasil persentase jawaban setuju dari penilaian yang diperoleh cukup tinggi. Dengan media pembelajaran yang sudah layak ini, diharapkan dapat digunakan sebagai rekomendasi bagi guru untuk menerapkan praktikum laju reaksi yang mudah, serta menggunakan alat bahan yang mudah ditemukan juga murah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Video praktikum; Laju reaksi; Green chemistry; Uji kelayakan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 541 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 23 Jul 2022 03:52
Last Modified: 27 Oct 2022 05:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16439

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics