Uji kelayakan video interaktif materi larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis green chemistry

Widayanti, Yulia (2021) Uji kelayakan video interaktif materi larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis green chemistry. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808076051_Yulia Widayanti_Lengkap] Text (Skripsi_1808076051_Yulia Widayanti_Lengkap)
1808076051_YULIA WIDAYANTI_FULL SKRIPSI - Yulia Widayanti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari penerapan pembelajaran blended learning yang membutuhkan media yang tepat untuk memahami materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Media yang dapat digunakan salah satunya adalah video interaktif berisi praktikum materi larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis green chemistry. Video interaktif yang didesain dapat diakses secara fleksibel. Praktikum berisi percobaan dengan alat dan bahan yang murah dan mudah ditemukan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui desain serta menguji kelayakan video interaktif larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis green chemistry. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Analisis data menggunakan minifacet rasch model serta diolah secara deskriptif. Desain dari video interaktif berisi kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, apersepsi, materi larutan elektrolit dan non elektrolit, serta praktikum larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis green chemistry. Analisis uji kelayakan video interaktif yang didesain dilihat dari analisis item dan respon siswa. Analisis uji kelayakan yang dilihat dari analisis item didapatkan hasil bahwa media yang didesain sudah layak karena nilai yang didapatkan sudah sesuai dengan batasan nilai Outfit MnSq yakni 0,5 sampai 1,5, batasan nilai ZStd yakni (-2) sampai 2 dan Pt Mea yakni nilai yang dihasilkan harus positif. Uji kelayakan media yang dilihat dari respon siswa didapatkan hasil bahwa media yang didesain sangat layak dengan skor rata-rata 92,86%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Green chemistry; Larutan elektrolit; Larutan non elektrolit; Video interaktif
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 541 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 23 Jul 2022 04:09
Last Modified: 27 Oct 2022 07:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16442

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics