Karakteristik para ahli dalam memberikan penilaian terhadap video pembelajaran daring identifikasi asam basa berbasis green chemistry

Hawa T, Nur Elisa (2021) Karakteristik para ahli dalam memberikan penilaian terhadap video pembelajaran daring identifikasi asam basa berbasis green chemistry. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808076010_Nur Elisa Hawa T_Lengkap] Text (Skripsi_1808076010_Nur Elisa Hawa T_Lengkap)
1808076010_Nur Elisa Hawa T_Lengakap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan sarana penunjang pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah media daring pembelajaran identifikasi asam basa berbasis green chemistry yang dapat membantu peserta didik untuk mempermudah praktikum dengan menggunakan alat dan bahan yang sederhana. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan model desain penelitian survei. Subjek dalam penelitian ini ialah guru mata pelajaran kimia SMA yang berasal dari berbagai sekolah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan software model Rasch pada aplikasi minifac dengan model multi rater. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa karakteristik para ahli dalam memberikan penilaian pada media daring pembelajaran ini dinyatakan baik karena memiliki nilai Outfit MNSQ, nilai Outfit ZSTD, dan nilai Point Measure Correlation dengan kriteria diterima. Para ahli yang memberikan penilaian yang baik yaitu R2, R3, R5, R6, R7, dan R9. Nilai reliabilitas yang diperoleh sebesar 0,90 dengan kriteria bagus. Sehingga media ini dapat dijadikan rekomendasi bagi guru untuk digunakan dalam pembelajaran praktikum asam basa berbasis green chemistry.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Asam basa; Media pembelajaran; Pembelajaran daring; Video; Model Rasch: Green chemistry
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 541 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 23 Jul 2022 04:43
Last Modified: 27 Oct 2022 07:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16453

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics