Pengembangan media evaluasi pembelajaran fisika kelas XI SMA/MA materi dinamika rotasi benda tegar berbasis web

Kurnianto, Ricky Dwi (2021) Pengembangan media evaluasi pembelajaran fisika kelas XI SMA/MA materi dinamika rotasi benda tegar berbasis web. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503066065_Ricky Dwi Kurnianto_Lengkap] Text (Skripsi_1503066065_Ricky Dwi Kurnianto_Lengkap)
1503066065_RICKY_DWI_KURNIANTO_Full_Skripsi - Ricky Dwi K.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (23MB)

Abstract

Proses evaluasi pembelajaran umumnya memanfaatkan media konvensional yaitu berupa kertas dan alat tulis, yang dalam segi pemanfaatannya akan menghasilkan sampah dan dapat mencemari lingkungan apabila tidak diolah dengan baik. Selain itu, evaluasi pembelajaran secara konvensional membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memproses hasil evaluasi pembelajaran karena proses koreksi dilakukan satu persatu. Perkembangan teknologi memungkinkan manusia untuk mencari solusi permasalahan salah satunya yaitu memanfaatkan media website untuk kegiatan evaluasi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat kelayakan media evaluasi berbasis web dan menguji tingkat akurasi penilaian menggunakan media evaluasi berbasis web. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R & D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang penerapannya hanya sampai tahap ke tiga. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara, kuesioner, dokumentasi, dan metode tes. Instrumen yang digunakan untuk mengujicobakan media evaluasi adalah soal pilihan ganda yang diujikan pada siswa kelas XI SMAN 8 Semarang. Hasil uji kelayakan didapatkan persentase skor sebesar 91,2% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji coba media menunjukkan tingkat akurasi penilaian yang baik. Respons guru dan peserta didik didapatkan hasil 91% dan 94,79%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pemebelajaran; Evaluasi; Website; Ramah lingkungan; Rotasi benda tegar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 531 Classical mechanics Solid mechanics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 05 Aug 2022 08:36
Last Modified: 26 Oct 2022 10:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16518

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics