Pengembangan media pembelajaran fisika materi seri – paralel resistor berbasis Arduino kelas XII SMA
Anwar, Muhammad Badril (2021) Pengembangan media pembelajaran fisika materi seri – paralel resistor berbasis Arduino kelas XII SMA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1608066012_Muhammad Badril Anwar_full skripsi - Muhammad Badril Anwar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (8MB)
Abstract
Tujuan penelitian yang ini yaitu mengembangankan media pembelajaran Fisika materi seri – paralel resistor berbasis Arduino. Peneliti menggunakan Metode penelitian dan pengembangan atau R&D(research and development) yang memiliki tahapan berupa studi pendahuluan, perencanaan, pembuatan alat, validasi alat, perbaikan alat, uji lapangan, perbaikan alat, dan hasil akhir alat. Subjek uji coba dalam penelitan yang dilakukan peneliti yaitu siswa kelas XI dan XII MIPA MA Al-Bairuny Sambongdukuh Jombang. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, angket dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Insrumen penelitian berupa lembar validasi ahli dan lembar respon peserta didik, dengan hasl penlitian diperoleh nilai 93,06% pada uji validasi materi, 88,33% pada uji validasi media, 91,67% pada uji validasi modul, ketiga uji validasi tersebut masuk dalam hasil sangat layak, Uji lapangan awal ditujukan ke kelas XII dengan mendapat nilai rata-rata 1,76 dan persentase kelayakan 87,86%. Uji lapangan terbatas setelah perbaikan KIT praktikum dan mendapat hasil nilai nilai rata-rata 1,88 dengan persentase kelayakan 94,00%, berkategori sangat layak. KIT praktikum ini berimplikasi pada proses pemahaman peserta didik yang kurang faham jika dijelaskan menggunakan teorinya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran; Arduino; Praktikum; Seri–paralel; Resistor |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 537 Electricity and electronics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 08:46 |
Last Modified: | 26 Oct 2022 10:31 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16519 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year