Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis Android pada materi fluida statis menggunakan aplikasi Unity

Reza, Izam Bahtiar (2021) Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis Android pada materi fluida statis menggunakan aplikasi Unity. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708066035_Izam Bahtiar Reza_Lengkap] Text (Skripsi_1708066035_Izam Bahtiar Reza_Lengkap)
1708066035_Izam Bahtiar Reza_Lengkap Tugas Akhir - Izam Bahtiar(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran mobile learning fisika pada materi fluida statis. Media yang dikembangkan dapat digunakan pada smartphone dengan sistem Android, dalam pembuatannya menggunakan aplikasi Unity. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapan penelitian yang dilakukan antara lain Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluating (evaluasi), namun hanya dilakukan sampai tahap keempat, yaitu Implementasi. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran fisika yaitu guru SMAN 1 Kersana. Uji validasi ahli materi, ahli media dan praktisi media pembelajaran keseluruhan aspek diperoleh kategori sangat layak dengan persentase kelayakan 96,33%. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dan diujicobakan pada 15 siswa kelas XI SMAN 1 Kersana Hasil penelitian berdasarkan penilaian Respon peserta didik terhadap media pebelajaran berbasis Android menggunakan aplikasi Unity pada materi Fluida Statis direspon positif dengan presentase yang diperoleh ▁(>) 70 % setiap indikatornya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Mobile learning; Android; Unity; ADDIE; Fluida statis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 532 Fluid mechanics Liquid mechanics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Sep 2022 06:41
Last Modified: 27 Oct 2022 01:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16545

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics