Penerapan model pembelajaran problem solving laboratory untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas XI materi fluida dinamis

Priyani, Risma Fitri (2022) Penerapan model pembelajaran problem solving laboratory untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas XI materi fluida dinamis. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708066053_Risma Fitri Priyani_Lengkap] Text (Skripsi_1708066053_Risma Fitri Priyani_Lengkap)
1708066053_Risma Fitri Priyani_Skripsi Lengkap - Risma Fitri Priyani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran problem solving laboratory dengan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran problem based learning dan peningkatan kemampuan berpikir analitis peserta didik dengan model pembelajaran problem solving laboratory pada materi fluida dinamis. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah rpp, lkpd, soal uraian, dan lembar wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji homogenitas, uji normalitas, uji t untuk mengetahui perbedaan rata-rata kelas penelitian, dan uji N-Gain untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir analitis peserta didik. Hasil uji t yaitu 0,001 dengan taraf signifikansi 5% bahwa ada perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji N-Gain kelompok eksperimen yaitu 0,55 (kategori sedang) lebih besar dibandingkan kelompok kontrol yaitu 0,39 (kategori sedang). Kesimpulan hasil penelitian adalah ada perbedaan kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran problem solving laboratory dengan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran problem based learning. Penerapan model pembelajaran problem solving laboratory dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Problem Solving Laboratory (PSL); Berpikir analitis; Fluida dinamis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 532 Fluid mechanics Liquid mechanics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Aug 2022 01:25
Last Modified: 26 Oct 2022 10:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16562

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics