Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari resiliensi matematis pada materi persamaan linear satu variabel kelas VII SMPN 1 Mranggen

Munir, Misbahul (2021) Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari resiliensi matematis pada materi persamaan linear satu variabel kelas VII SMPN 1 Mranggen. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1403056093_Misbahul Munir_Lengkap] Text (Skripsi_1403056093_Misbahul Munir_Lengkap)
1403056093_Misbahul Munir_Full Skripsi - misbahul munir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari resiliensi matematis pada materi persamaan linear satu variabel kelas VII SMPN 1 Mranggen. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa dan kurangnya ketahanan siswa dalam menghadapi kesulitan dalam belajar matematika. Menurut Polya ada empat tahapan dalam pemecahan masalah, yaitu 1) memahami masalah, 2) merencanakan penyelesaian, 3) melaksanakan rencana penyelesaian, dan 4) memeriksa kembali hasil penyelesaian. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA yang berjumlah 32 siswa. Selanjutnya diambil 6 subjek wawancara yang terdiri dari 2 siswa pada setiap kelompok tipe resiliensi matematis yaitu tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa dengan resiliensi tinggi mampu memenuhi keempat indikator pemecahan masalah. Dan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan resiliensi sedang mampu memenuhi indikator 1, 2, dan 3 saja. Serta kemampuan pemecahan masalah siswa dengan resiliensi rendah hanya mampu memenuhi indikator 1 saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah; Resiliensi matematis
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:39
Last Modified: 12 Sep 2022 08:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16583

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics