Efektivitas model pembelajaran discovery learning berbasis Realistics Mathematics Education (RME) terhadap literasi numerasi pada materi pola bilangan siswa kelas VIII MTs Miftahul Khoirot Branjang Kabupaten Semarang
Mutaqin, Muhamad Fizalul (2021) Efektivitas model pembelajaran discovery learning berbasis Realistics Mathematics Education (RME) terhadap literasi numerasi pada materi pola bilangan siswa kelas VIII MTs Miftahul Khoirot Branjang Kabupaten Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1503056091_Muhamad Fizalul Mutaqin_Lengkap Tugas Akhir - Fizal.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery learning berbasis Realistics Mathematics Education (RME) terhadap literasi numerasi pada materi pola bilangan siswa kelas VIII MTs Miftahul Khoirot Branjang Kabupaten Semarang.
Penelitian ini dilaksanakan di MTs Miftahul Khoirot Branjang Kabupaten Semarang mulai tanggal 17 November 2021 sampai dengan 17 Desember 2021. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental tipe nonequivalent control group design dengan populasi seluruh kelas VIII MTs Miftahul Khoirot Branjang Kabupaten Semarang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran discovery learning berbasis Realistics Mathematics Education (RME) sebagai variabel X, sedangkan variable terikat dalam penelitian ini adalah literasi numerasi siswa keals VIII MTs Miftahul Khoirot Branjang Kabupaten Semarang sebagai variabel Y. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan dokumentasi, sedangkan teknik analisa data meliputi uji instrumen tes soal, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji analisis data menggunakan t_hitung.
Berdasarkan perhitungan uji analisis data yang dilakukan dengan menggunakan t_hitung diperoleh hasil t_hitung(4,411) > t_tabel (2,007 untuk taraf signifikan 5%), maka dapat dikatakan bahwa t_hitung signifikan karena t_hitung > t_tabel. Arti signifikan dalam hal ini adalah berapapun perbedaan mean kelas eksperimen dengan mean kelas kontrol dianggap benar-benar berbeda, bukan sekedar karena akibat kesalahan pengambilan sampel. Berdasarkan data diatas, selisih antara t_hitung dan t_tabel yaitu 4,411 – 2,007 = 2,404. Hal ini menunjukkan bahwa efektivitas variabel x (model pembelajaran discovery learning berbasis Realistic Mathematics Education (RME) terhadap variabel y literasi numerasi siswa kelas VIII MTs Miftahul Khoirot Branjang Kabupaten Semarang tahun ajaran 2021/2022 adalah sebesar 47,98% (dilihat dari dalam tabel kurva normal), Adapun sisanya 52,02% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Discovery learning; Realistics Mathematics Education (RME); Literasi numerasi; Pola bilangan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 02:32 |
Last Modified: | 26 Oct 2022 10:05 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16587 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year