Efektivitas model discovery learning berbantu media monopoli terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa kelas VII MTs Maftahul Falah Jepara tahun pelajaran 2020/2021

Laili, Husnatul (2021) Efektivitas model discovery learning berbantu media monopoli terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa kelas VII MTs Maftahul Falah Jepara tahun pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1608056070_Husnatul Laili_Lengkap] Text (Skripsi_1608056070_Husnatul Laili_Lengkap)
1608056070_Husnatul Laili_Full Skripsi - husna laili.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada rendahnya motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa kelas VII MTs Maftahul Falah Jepara khususnya pada materi aritmetika sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kefektifan model Discovery Learning berbantu media monopoli terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa kelas VII MTs Maftahul Falah Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen berdesain pretest posttest control group design dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi, tes dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model Discovery Learning berbantu media monopoli efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan rata-rata motivasi belajar siswa sebelum perlakuan sebesar 72,3 dan rata-rata setelah perlakuan sebesar 78. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji paired sample t-test diperoleh t_hitung=4,844>t_tabel=1,729 dan uji N-Gain diperoleh peningkatan motivasi belajar sebesar 0,206 dengan kategori peningkatan rendah. (2) model Discovery Learning berbantu media monopoli efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dengan dibuktikan dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 72,65 dan rata–rata nilai posttest kelas kontrol sebesar 65,57. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji independent sample t-test diperoleh t_hitung=1,797> t_tabel=1,685 dan untuk uji N-Gain diperoleh peningkatan pemahaman konsep sebesar 0,578 dengan kategori peningkatan sedang. Disimpulkan bahwa model Discovery Learning berbantu media monopoli efektif terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa kelas VII MTs Maftahul Falah Jepara tahun pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelejaran; Pemahaman konsep; Motivasi belajar; Discovery learning; Monopoli
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:50
Last Modified: 26 Oct 2022 09:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16588

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics