Faktor penyebab kesulitan belajar matematika siswa kelas VII pada materi bentuk aljabar MTs NU Al-Hidayah Kudus

Afifah, Noor Lutfiyah (2021) Faktor penyebab kesulitan belajar matematika siswa kelas VII pada materi bentuk aljabar MTs NU Al-Hidayah Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1608056081_Noor Lutfiyah Afifah_Lengkap] Text (Skripsi_1608056081_Noor Lutfiyah Afifah_Lengkap)
1608056081_Noor Lutfiyah Afifah_Full Skripsi - bimbel literasia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) jenis kesulitan yang dialami siswa kelas VII G MTs NU Al-Hidayah Kudus (2) Faktor penyebab kesulitan belajar matematika siswa kelas VII G MTs NU Al-Hidayah Kudus dalam mempelajari materi bentuk aljabar (3) Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa.
Dalam penelitian ini terpilih subjek penelitian adalah siswa kelas VII G yang tidak memenuhi KKM (73) pada materi aljabar sebanyak 22 siswa. Data dikumpulkan dengan metode tes diagnosis kesulitan belajar matematika materi aljabar, wawancara, serta observasi. Tes aljabar digunakan untuk menganalisis kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa, wawancara digunakan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan serta upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa, observasi digunakan untuk menggali informasi lebih dalam di lapangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori cooney dalam mengetahui kesulitan belajar dan faktor kesulitan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek FF-12 mengalami kesulitan dalam mengenali konsep dengan faktor yang mempengaruhi adalah faktor intelektual dan faktor pedagogis.
Subjek FF-20 mengalami kesulitan prinsip aljabar dengan faktor yang mempengaruhi adalah faktor intelektual dan faktor Pedagogis. Subjek FF-13 mengalami kesulitan konsep dan kesulitan prinsip dengan faktor yang mempengaruhi adalah faktor emosional, faktor intelektual dan faktor pedagogis. Subjek FF-15 mengalami kesulitan konsep dan kesulitan prinsip dengan faktor mempengaruhi adalah faktor emosional, faktor intelektual dan faktor pedagogis. Subjek FF-6 mengalami kesulitan konsep dengan faktor mempengaruhi adalah faktor fisiologis, faktor emosional, faktor intelektual dan faktor pedagogis. Subjek FF-11 mengalami kesulitan konsep dengan faktor mempengaruhi adalah faktor fisiologis, faktor emosional, faktor intelektual dan faktor pedagogis.
Dari hasil penelitian didapatkan mengenai upaya-upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa, diantaranya adalah: pengadaan remidial-remidial, latihan soal, pendekatan kepada siswa yang memiliki kesulitan belajar lebih, memaksimalkan media serta metode sebagai penunjang semangat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kesulitan belajar; Matematika; Aljabar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:39
Last Modified: 26 Oct 2022 09:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16589

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics