Analisis kemampuan representasi matematis peserta didik berdasarkan gaya berpikir Sternberg menurut fungsinya pada materi relasi dan fungsi kelas VIII MTs Islamiyah Syafiiyah

Muna, Firda Hilyatul (2021) Analisis kemampuan representasi matematis peserta didik berdasarkan gaya berpikir Sternberg menurut fungsinya pada materi relasi dan fungsi kelas VIII MTs Islamiyah Syafiiyah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1608056088_Firda Hilyatul Muna_Lengkap] Text (Skripsi_1608056088_Firda Hilyatul Muna_Lengkap)
1608056088_FIRDA HILYATUL MUNA_FULL SKRIPSI FIX - Firda Muna.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan representasi matematis peserta didik berdasarkan gaya berpikir Sternberg menurut fungsinya pada materi relasi dan fungsi kelas VIII MTs Islamiyah Syafiiyah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan representasi matematis peserta didik yang rendah dan kurang berkembang, karena pembelajaran di sekolahan masih knvensional. Salah satu cara yang dilakukan untuk mengembangkan kemampuan representasi matematis peserta didik yaitu guru harus aktif dalam mengembangkan kemampuan representasi matematis peserta didik. Selain itu, guru juga harus mengenali karakteristik atau gaya berpikir dari setiap peserta didik karena pemahaman yang baik terhadap karakteristik peserta didik akan berpengaruh pada keberhasilan proses belajar setiap peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, angket, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya berpikir peserta didik kelas VIII A MTs Islamiyah Syafiiyah terbagi menjadi 3 jenis, yaitu legislatif, eksekutif dan yudisial. Peserta didik yang memiliki jenis gaya berpikir legislatif berjumlah 3 peserta didik dan ketiganya mampu memenuhi indikator kemampuan representasi matematis simbolik. Peserta didik yang memiliki jenis gaya berpikir eksekutif berjumlah 26 peserta didik, mereka mampu memenuhi semua indikator kemampuan representasi matematis yaitu visual, simbolik dan verbal. Sedangkan peserta didik yang memiliki jenis gaya berpikir yudisial berjumlah 3 peserta didik, dimana 2 peserta didik mampu memenuhi indikator kemampuan representasi matematis verbal, 1 peserta didik mampu memenuhi indikator kemampuan representasi matematis simbolik dan 1 peserta didik mampu memenuhi indikator representasi matematis visual.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan representasi matematis; Gaya berpikir Sternberg; Relasi dan fungsi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:40
Last Modified: 26 Oct 2022 10:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16590

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics