Efektivitas metode pembelajaran brainstorming dengan reward and punishment terhadap pemahaman konsep dan minat belajar pada materi fungsi di MA Mazro’atul Huda Karanganyar Demak

Fahmi, Muhammad Iqbal Nur (2021) Efektivitas metode pembelajaran brainstorming dengan reward and punishment terhadap pemahaman konsep dan minat belajar pada materi fungsi di MA Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1608056096_Muhammad Iqbal Nur Fahmi_Lengkap] Text (Skripsi_1608056096_Muhammad Iqbal Nur Fahmi_Lengkap)
1608056096_M. Iqbal Nur fahmi_Full Skripsi - Iqbal Nur Fahmi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Kemampuan pemahaman konsep yang baik akan menumbuhkan kemampuan dasar yang lain seperti penalaran, komunikasi, koneksi, dan kemampuan pemecahan masalah. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep peserta didik adalah model atau metode pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas metode pembelajaran brainstorming dengan reward and punishment terhadap pemahaman konsep dan minat belajar pada materi fungsi di MA Mazro’atul Huda Karanganyar Demak.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan desain penelitian pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode tes dan angket kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MA Mazro’atul Huda, sedangkan sampel penelitian adalah peserta didik kelas X IPA 1 dan X IPA 2 MA Mazro’atul Huda Karanganyar Demak.
Analisis dilakukan dengan uji t dan diperoleh hasil bahwa kemampuan pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik pada kelas yang menggunakan metode brainstorming dengan reward and punishment lebih baik dari pada kelas yang menggunakan metode konvensional. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran brainstorming dengan reward and punishment efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Brainstorming; Reward and punishment; Kemampuan pemahaman konsep; Minat belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:41
Last Modified: 26 Oct 2022 09:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16602

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics