Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas X SMK N 2 Semarang pada materi program linear ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert

Sa’diyah, Khalimatus (2021) Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas X SMK N 2 Semarang pada materi program linear ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1608056099_Khalimatus Sa’diyah_Lengkap] Text (Skripsi_1608056099_Khalimatus Sa’diyah_Lengkap)
1608056099_Khalimatus Sa_diyah_Lengkap Tugas Akhir - Alimatus Sa_diyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan berpikir kritis siswa. Kemampuan berpikir kritis adalah suatu kemampuan membuat keputusan dan mendalami konsep-konsep baru melalui kemampuan bernalar dan berpikir reflektif menurut suatu bukti, informasi dan logika yang diyakini benar dalam setiap pemecahan masalah. Kemampuan berpikir kritis bisa berkembang maupun menurun karena beberapa faktor yang memengaruhinya, salah satunya adalah tipe kepribadian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert siswa kelas X AKL 1 SMK N 2 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap 2020/2021 di SMK N 2 Semarang. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AKL 1 yang berjumlah 35 siswa. Selanjutnya dipilih 6 siswa yang mewakili masing-masing kondisi tipe kepribadian ekstrovert dan introvert untuk dijadikan subjek wawancara. Data dalam penelitian ini berupa hasil angket, tes dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas X AKL 1 SMK N 2 Semarang memiliki 17 siswa dengan tipe keperibadian ekstrovert dan 18 lainnya termasuk dalam tipe kepribadian introvert. Siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert pada kelompok atas mampu menguasai indikator 1, 3, 4, dan 5. Adapun siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert pada kelompok tengah hanya mampu menguasai indikator 5. Siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert kelompok bawah mampu menguasai indikator 4 dan 5. Sedangkan pada tipe kepribadian introvert kelompok atas mampu menguasai kelima indikator. Adapun siswa dengan tipe kepribadian introvert pada kelompok tengah mampu menguasai sebanyak 4 indikator yaitu indikator 2, 3, 4, dan 5. Siswa dengan tipe kepribadian introvert pada kelompok bawah hanya mampu menguasai indikator 1.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis matematis; Kepribadian; Ekstrovert; Introvert; Program linear
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:40
Last Modified: 26 Oct 2022 10:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16603

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics