Analisis kualitas tes matematika ujian madrasah di MAN Wonosobo tahun pelajaran 2012/2013

Ngabidin, Ngabidin (2013) Analisis kualitas tes matematika ujian madrasah di MAN Wonosobo tahun pelajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_093511027_Ngabidin]
Preview
Text (SKRIPSI_093511027_Ngabidin)
093511027_Coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (523kB) | Preview
[thumbnail of 093511027_Bab1.pdf]
Preview
Text
093511027_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 093511027_Bab2.pdf]
Preview
Text
093511027_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 093511027_Bab3.pdf]
Preview
Text
093511027_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 093511027_Bab4.pdf]
Preview
Text
093511027_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of 093511027_Bab5.pdf]
Preview
Text
093511027_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 093511027_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093511027_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (41kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh soal ujian madrasah yang belum diuji kualitasnya oleh pembuat soal. Seharusnya soal yang digunakan untuk ujian madrasah sudah diuji kualitasnya terlebih dahulu agar soal tersebut mampu menjadi alat ukur yang baik. Dari keadaan tersebut, peneliti melakukan penelitian terhadap kualitas soal yang digunakan dalam ujian madrasah tersebut. Kualitas soal yang diteliti pada penelitian ini meliputi tingkat kesukaran, daya beda, fungsi pengecoh, validitas butir, validitas isi, serta reliabilitas soal ujian madrasah tersebut.
Analisis kualitas tes berfungsi untuk mengukur kemampuan peserta didik. Tes yang digunakan haruslah tes yang berkualitas baik sehingga mampu menjadi tolok ukur yang baik untuk mengukur kemampuan peserta didik. Analisis kualitas tes yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis butir soal untuk menguji bagaimana keadaan butir pada suatu tes, validitas isi dan reliabilitas tes.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menentukan kualitas butir soal dan reliabilitas tes. Sedangkan untuk menentukan validitas isi digunakan pendekatan kualitatif. Kualitas butir soal ditentukan dengan teori klasik. Validitas isi ditentukan dengan mencari kesesuaian soal berdasarkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang digunakan. Sedangkan reliabilitas tes ditentukan dengan metode pengujian reliabilitas Kuder Richardson-20.

Dalam penelitian ini, diteliti dua peket soal, yaitu paket soal IPA dan paket soal IPS/Agama. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa soal dengan tingkat kesukaran sedang, daya beda baik, pengecohnya berfungsi baik pada paket soal IPA ada 11 soal pada nomor 4, 8, 10, 11, 13, 16, 23, 26, 30, 39, dan 40. Sedangkan pada paket soal IPS/Agama ada 4 soal meliputi soal nomor 4, 14, 31, 38. Pada soal-soal yang berkualitas baik tersebut dapat digunakan di ujian madrasah tahun-tahun berikutnya, sedangkan pada soal-soal yang kualitasnya belum baik agar dapat diperbaiki sesuai dengan kekurangannya. Penelitian tersebut semoga dapat dimanfaatkan berbagai pihak, khususnya pada MGMP Karesidenan Kedu selaku pembuat naskah soal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tes Matematika; Madrasah Aliyah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 13 Mar 2014 07:52
Last Modified: 29 May 2021 07:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1662

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics