Analisis proses kognitif peserta didik kelas VII berdasarkan teori bruner pada materi bilangan di Mts N Blora tahun ajaran 2021/2022

Azizah, Rochana Nur (2021) Analisis proses kognitif peserta didik kelas VII berdasarkan teori bruner pada materi bilangan di Mts N Blora tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1708056049_Rochana Nur Azizah_Lengkap] Text (Skripsi_1708056049_Rochana Nur Azizah_Lengkap)
Skipsi Sah - ROCHANA NUR AZIZAH UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran matematika memiiki peran penting untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Konten yang terdapat pada mata pelajaran matematika kebanyakan bersifat abstrak, sehingga tidak sedikit peserta didik yang merasa kesulitan dalam mempelajarinya. Salah satu penyebabnya yaitu tingkat pemahaman konsep peserta didik yang rendah. Dalam mempelajari matematika pasti ada proses belajar. Proses belajar yang baik pasti memperhatikan proses kognitif. Proses kognitif merupakan suatu kemampuan peserta didik dalam melakukan kegiatan bernalar dan berpikir untuk memecahkan permasalahan. Bruner berpendapat bahwa terdapat 3 proses belajar yang berlangsung hampir bersamaan yaitu fase informasi, transformasi dan evaluasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk bisa mengetahui proses kognitif peserta didik kelas VII menurut teori Bruner pada materi bilangan di MTs N Blora tahun ajaran 2020/2021.
Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan bentuk deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 3 peserta didik kelas Vii MTs N Blora. Teknik untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah tes tertulis proses kognitif berdasarkan teori Bruner pada materi bilangan dan wawancara. Indikator proses kognitif berdasarkan teori Bruner yang digunakan adalah: (1) Fase informasi dengan mengetahui apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, (2) Fase transformasi dengan mampu membuat langkah-langkah penyelesaian masalah yang ada disoal, (3) Fase evaluasi dengan mampu menemukan solusi dan dapat membuat kesimpulan jawaban. Data yang didapat dianalisis dengan teknik reduksi, penyajian data kemudian menarik kesimpulan berdasarkan proses kognitif peserta didik berdasarkan teori Bruner. Penelitian ini mengambil 3 subjek respondeng yang terdiri dari kelompok atas, sedang dan rendah.
Hasil dari analisis data, dapat ditarik kesimpulan bahwa peserta didik yang berada dalam kelompok atas dapat melewati ketiga proses kognitif dengan baik. Sedangkan peserta didik kelompok, sedang hanya bisa melewati fase informasi dengan baik sedangkan fase transformasi kurang baik dan evaluasi tidak baik. Kemudian peserta didik kelompok rendah kurang baik pada fase informasi,sedangkan pada fase transformasi dan evaluasi butidak baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kognitif; Teori Bruner; Bilangan
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 511 General principles
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:50
Last Modified: 12 Sep 2022 08:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16620

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics