Analisis kemampuan penyelesaian masalah matematis ditinjau dari kemampuan verbal peserta didik kelas X bahasa SMA Negeri 1 Comal

Khotimah, Khusnul (2021) Analisis kemampuan penyelesaian masalah matematis ditinjau dari kemampuan verbal peserta didik kelas X bahasa SMA Negeri 1 Comal. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1708056067_Khusnul Khotimah_Lengkap] Text (Skripsi_1708056067_Khusnul Khotimah_Lengkap)
1708056067_Khusnul Khotimah_Lengkap Tugas Akhir - 48-Khusnul Khotimah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan penyelesaian masalah matematis peserta didik dalam pembelajaran matematika. Kemampuan penyelesaian masalah matematis adalah kemampuan dalam menyelesaikan masalah matematika melalui tahap-tahap penyelesaian matematis. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan penyelesaian masalah matematis adalah kemampuan verbal peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan penyelesaian masalah matematis ditinjau dari kemampuan verbal anak bahasa kelas X SMA Negeri 1 Comal. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X jurusan Bahasa di SMA Negeri 1 Comal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan penyelesaian masalah matematis anak bahasa kelas X di SMA Negeri 1 Comal adalah sangat rendah. Namun, setelah dianalisis lebih dalam didapatkan hasil bahwa peserta didik dengan kemampuan verbal tinggi memiliki kemampuan penyelesaian masalah matematis yang lebih baik, dibandingkan dengan peserta didik yang memiki kemampuan verbal lebih rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan matematis; Kemampuan verbal
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 511 General principles
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:42
Last Modified: 12 Sep 2022 08:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16623

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics