Analisis persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika secara daring pada masa pandemi covid-19

Munzayanah, Nurul (2021) Analisis persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika secara daring pada masa pandemi covid-19. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708056083_Nurul Munzayanah_Lengkap] Text (Skripsi_1708056083_Nurul Munzayanah_Lengkap)
1708056083_Nurul Munzayanah_Full Skripsi - Nurul Munzayanah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran daring menjadi salah satu solusi pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Namun, tentu saja dalam pelaksanaan pembelajaran daring tidak terlepas dari berbagai permasalahan yang dihadapi siswa, terlebih pembelajaran matematika yang membutuhkan perhatian khusus dalam penyampaiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika secara daring serta mendeskripsikan kendala dalam proses belajar yang dihadapi oleh siswa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI dan XII MA Mathalibul Huda Mlonggo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan membagikan angket melalui google form dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika secara daring termasuk dalam kategori kurang positif pada aspek materi ajar dan cukup positif pada aspek tugas, interaksi dan teknis. Sedangkan pada aspek dukungan termasuk dalam kategori positif. Mayoritas siswa masih sukar menyerap dan memahami materi ajar matematika yang diberikan guru. Adapun kendala yang sering dialami siswa yakni, ketidakstabilan jaringan dan keterbatasan kuota internet serta kurangnya pemahaman siswa terhadap materi ajar. Hal ini dikarenakan terbatasnya siswa dalam menerima penjelasan materi dan sulitnya guru mengontrol siswa saat proses pembelajaran daring berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi siswa; Pembelajaran daring; Pandemi covid-19; Matemetika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:50
Last Modified: 27 Oct 2022 01:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16626

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics