Berpikir positif mengantarkan kebahagiaan (studi terhadap ajaran cinta Jalaluddin Rumi)

Gusti, Muhammad Bakti Setia (2022) Berpikir positif mengantarkan kebahagiaan (studi terhadap ajaran cinta Jalaluddin Rumi). Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1704046041_Muhammad Bakti Setia Gusti_Lengkap] Text (Skripsi_1704046041_Muhammad Bakti Setia Gusti_Lengkap)
SKRIPSI FULL FIKS (1) - muhammad bakti setia gusti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Manusia adalah makhluk yang istimewa karena miliki akal pikiran dalam dirinya. Dari pikiran, manusia bisa menentukan jalan hidupnya mau dibawa ke arah kebahagiaan atau kesengsaraan. Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi membawa pada fenomena global villageatau perkampungan sejagat, yang menjadikan dunia terasa semakin kecil. Informasi-informasi yang bertebaran dan tak terbendungkan juga harus bisa di saring dengan baik agar berdampak positif pada diri manusia. Karena melimpahnya informasi ini, tidak bisa dipungkiri akan mempengaruhi sudut pandang seseorang terdahap kebahagiaan yang ingin dicapainya. Sehingga ada yang menempuh jalan kebahagiaannya melalui pengumpulan harta benda, memegang kekuasaan dan kenikmatan lainnya. Jikalau apa yang mereka inginkan tidak terpenuhi, acapkali muncul berbagai masalah yang disebabkan oleh persepsinya dan menyalahkan diri sendiri, orang lain, keluarga sampai takdir Tuhan yang dijadikan kambing hitamnya. Sehingga dibutuhkan usaha berpikir positif untuk melawan maraknya informasi yang bertebaran. Dan Rumi, merupakan tokoh yang sangat terkenal dengan cinta universalnya. Oleh karenanya, penelitian ini akan mengkaji tentang Ajaran Cinta Jalaluddin Rumi sebagai sarana berpikir positif mengantarkan kebahagiaan. Dari pernyataan di atas, Bagaimana berpikir positif dalam ajaran cinta Jalaluddin Rumi untuk mengantarkan kebahagiaan?. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui bagaimana ajaran cinta Jalaluddin Rumi sebagai sarana berpikir positif dalam mengantarkan kebahagiaan. Nilai- nilai untuk berpikir positif yang digunakan dalam penelitian ini adalah nilai teladan, nilai memandang orang lain, nilai konsentrasi, nilai identifikasi diri, nilai luhur serta nilai berpikir alternatif. Penelitian skripsi ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research, dengan langkah-langkah untuk mengumpulkan data menggunakan metode dokumentasi. Setelah semua data terkumpul, akan dianalisis dengan metode deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, ajaran cinta Jalaluddin Rumi mengajarkan tentang pemahaman Trilogi Metafisik: Tuhan, Manusia dan Alam semesta. Ajaran yang memuat tentang cinta kepada Allah, yang dilakukan dengan mencintai makhluk dan alam semesta sebagai pantulan dari-Nya. Pengorbanan dan kesadaran dirinya sebagai hamba yang penuh dengan cinta, melihat segala ujian dan cobaan sebagai bentuk dari cinta-Nya. Kedua, ajaran cinta Jalaluddin Rumi bisa jadikan sebagai sarana untuk berpikir positif, karena banyak memuat strategi berpikir positif didalamnya. Dalam ajaran cintanya, ada kesadaran untuk melihat kehidupan bahwa semuanya berpusat kepada Allah, termasuk pemusatan pikiran kepada sang pemilik alam semesta. Sehingga kesengsaraan, penderitaan dan kekecewaan akan lenyap dan yang ada hanya mengharap ridho-Nya. Hal ini akan mengantarkannya seseorang kepada kebahagiaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bahagia; Berpikir positif; Ajaran cnta Rumi; Jalaluddin Rumi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.261 Islam and philosophy
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 26 Sep 2022 03:20
Last Modified: 26 Sep 2022 03:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16906

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics