Keefektifan penerapan kombinasi metode Numbered Head Together dan Index Card Match dalam meningkatkan hasil belajar aspek kognitif akidah akhlak materi sifat-sifat wajib rasul kelas IV semester II MIN Mlaten Mijen Demak tahun pelajaran 2012/2013
Jumarti, Jumarti (2013) Keefektifan penerapan kombinasi metode Numbered Head Together dan Index Card Match dalam meningkatkan hasil belajar aspek kognitif akidah akhlak materi sifat-sifat wajib rasul kelas IV semester II MIN Mlaten Mijen Demak tahun pelajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093911035_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (778kB) | Preview
093911035_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (184kB) | Preview
093911035_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
093911035_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (286kB) | Preview
093911035_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (263kB) | Preview
093911035_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (95kB) | Preview
093911035_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (103kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan kombinasi metode Numbered Head Together dan Index Card Match dalam pembelajaran akidah akhlak materi sifat – sifat wajib Rasul kelas IV di MIN Mlaten Mijen Demak. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, yang dilaksanakan di MIN Mlaten Mijen Demak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV, yang terdiri dari IVA dan IVB. Sampelnya adalah kelas IVA yang terdiri dari 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB yang terdiri dari 32 siswa sebagai kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, metode dokumentasi dan metode wawancara. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan nilai ulangan mid semester. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan kombinasi metode Numbered Head Together dan Index Card Match dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah data didapat terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata.
Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikasi = 5% diperoleh thitung =6,214, sedangkan ttabel = 1,67. Karena thitung>ttabel maka berarti rata-rata hasil belajar aspek kognitif akidah akhlak yang diajar dengan pembelajaran dengan menggunakan kombinasi metode Numbered Head Together dan Index Card Match lebih efektif daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 79,31 dan kelompok kontrol =65,47, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi metode Numbered Head Together dan Index Card Match lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah terutama dalam menerapkan strategi, metode, dan model pembelajaran yang baik dan tepat, yang dapat menumbuhkan aktivitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Numbered Head Together; Index Card Match; Akidah Akhlak; Sifat-sifat Wajib Rasul |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 18 Mar 2014 06:38 |
Last Modified: | 18 Mar 2014 06:38 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1695 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year