Implementasi permainan tradisional ular naga dalam meningkatkan keterampilan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Muslimat NU 06 Ketanggungan Brebes tahun 2021/2022

Sari, Mukhlisa Ambar (2021) Implementasi permainan tradisional ular naga dalam meningkatkan keterampilan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Muslimat NU 06 Ketanggungan Brebes tahun 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703106023_Mukhlisa Ambar Sari] Text (Skripsi_1703106023_Mukhlisa Ambar Sari)
Skripsi_1703106023_Mukhlisa Ambar Sari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang implementasi permainan tradisional ular naga dalam meningkatkan keterampilan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Muslimat NU 06 Ketanggungan Brebes tahun 2021/2022 .Penelitian ini dilatar belakangi karena masalah perkembangan sosial emosional anak TK B di TK Muslimat NU 06 Ketanggungan yang belum berkembang secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang ada (1) Bagaimana perkembangan sosial emosional anak TK B di TK Muslimat NU 06 Ketanggungan Brebes (2) Bagaimana implementasi permainan tradisional ular naga TK B di TK Muslimat NU 06 Ketanggungan Brebes (3) Bagaimana permainan tradisinal ular naga mampu membangun perkembangan sosial emosional anak TK B di TK Muslimat NU 06 Ketanggungan Brebes.
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian kualitatif lapangan, dimana peneliti ikut berpartisipasi selama dilapangan. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Sumber data penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas B, wali murid. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan ketekunan/ keajegan pengamatan. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display data, dan mengambil kesimpulan atau verifikasi.
Hasil dari kesimpulan ini menunjukan bahwa : kegiatan permainan ular naga dapat megembangkan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Muslimat NU 06 Ketanggungan Brebes, yaitu dengan bermain ular naga anak dapat mengembangkan : a.Kesadaran Diri meliputi bahwa anak sudah memberanikan diri untuk menjadi penjaga pintu di sebuah permainan tradisionalular naga. b.Rasa tanggung jawab unuk diri sendiri dan orang lain meliputi anak mampu bersabar menunggu antrian dalam permainan. c. Perilaku proporsional meliputi anak tidak mengganggu teman saat permainan berlangsung. d.Bekerjasama meliputi anak mampu bkerjasama dalm bermain ular naga. e. Mengendalikan perasaan( Manajemen Diri) meliputi anak mampu berkomunikasi baik dengan temannya, anak mengikuti aturan main.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keterampilan sosial; Keterampilan emosional; Anak; Permainan tradisional; Ular naga
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 01 Oct 2022 07:43
Last Modified: 01 Oct 2022 07:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17002

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics