Studi korelasi antara komunikasi orang tua dan minat belajar aqidah akhlak siswa kelas V di MI Kertosari Singorojo Kendal.
Ismawati, Eni (2013) Studi korelasi antara komunikasi orang tua dan minat belajar aqidah akhlak siswa kelas V di MI Kertosari Singorojo Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093911168_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (451kB) | Preview
093911168_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (28kB) | Preview
093911168_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (425kB) | Preview
093911168_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (222kB) | Preview
093911168_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (782kB) | Preview
093911168_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (17kB) | Preview
093911168_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (154kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode survai dengan teknik korelasi. Subyek penelitian sebanyak 56 responden. Menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan informasi dokumenter prestasi belajar bidang studi akidah akhlak untuk menjaring data Y data menggunakan instrumen kuesioner untuk menjaring data X.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa : 1Komunikasi orang tua dan anak dalam kategori tinggi berjumlah 37 siswa dengan prosentase 66 %. Komunikasi orang tua dan anak dalam kategori sedang berjumlah 12 siswa dengan prosentase 21 %. Komunikasi orang tua dan anak dalam kategori rendah berjumlah 7 siswa dengan prosentase 13 % Jadi dapat disimpulkan bahwa Komunikasi orang tua dan anak adalah sangat baik .
Jika jumlah nilai antara 50 - 58, maka minat belajar Aqidah Akhlak pada anak tinggi. Jika jumlah nilai antara 41 - 49, maka minat belajar Aqidah Akhlak pada anak sedang. Jika jumlah nilai antara 32 - 40, maka minat belajar Aqidah Akhlak pada anak rendah. Berdasarkan hasil perhitungan dan penentuan kategori di atas dapat diketahui bahwa yang masuk dalam kategori tinggi berjumlah 33 siswa, yang masuk dalam kategori sedang 16 siswa, dan yang masuk dalam kategori rendah berjunlah 7 siswa, 3) Dari perhitungan bab IV Sesuai dengan responden dalam angket yang berjumlah 56 siswa, maka ditemukan r tabel dalam signifikan product moment sebagai berikut
Pada taraf signifikan 5% = 0,381
Pada taraf signifikan 1% = 0,487
Sehingga dapat sebagai dasar kesimpulan bahwa :
rxy hitung ( 0,8558 ) lebih besar dari rxy dalam tabel ( 0,381 ) pada taraf signifikan 5% dan ( 0,487 ) pada taraf signifikan 1%, sehingga Ho ditolak, ini artinya bahwa hipotesis yang dikemukakan dalam bab I yaitu Ada hubungan positif antara komunikasi orang tua dan minat belajar Aqidah Akhlak pada anak Kelas V di MI NU 39 Kertosari Singorojo Kendal tahun ajaran 2012/2013 dapat diterima atau signifikan.
Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para pemikir pendidikan khususnya dalam bidang pendidikan dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pendidikan; Komunikasi Orang Tua; Minat Belajar; Aqidah Akhlak |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 19 Mar 2014 09:00 |
Last Modified: | 15 Nov 2021 07:50 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1702 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year