Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak di MI Miftahul Huda Bogorejo Sedan Rembang tahun ajaran 2012/2013
Ni’mah, Maslihatun (2013) Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak di MI Miftahul Huda Bogorejo Sedan Rembang tahun ajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
113911173_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (480kB) | Preview
113911173_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (160kB) | Preview
113911173_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (228kB) | Preview
113911173_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (186kB) | Preview
113911173_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
113911173_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (151kB) | Preview
113911173_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (10kB) | Preview
Abstract
Dalam proses belajar, motivasi belajar siswa sangat diperlukan, sebab seseorang yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar tak akan mungkin melakukan aktivitas belajar. karena dengan adanya motivasi siswa maka prestasi belajar siswa akan meningkat. Semakin tinggi motivasi yang di miliki siswa akan mendorong siswa belajar lebih giat dan akan semakin meningkar prestasinya dalam belajar. Oleh Karena itu, penulis tertarik ingin mengkaji lebih dalam tentang motivasi siswa yang mempengaruhi prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlak di MI Miftahul Huda Bogorejo Sedan Rembang tahun ajaran 2012/2013.
Melihat latar belakang di atas, maka yang menjadi rumusan masalah adalah Bagaimana motivasi belajar siswa MI Miftahul Huda Bogorejo Sedan Rembang Tahun Ajaran 2012/2013?, Bagaimana prestasi mata pelajaran Akidah Akhlak di MI Miftahul Huda Bogorejo Sedan Rembang tahun Ajaran 2012/2013?, Adakah pengaruh motivasi siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlak di MI Miftahul Huda Bogorejo Sedan Rembang Tahun Ajaran 2012/2013?. Tujuan riset ini adalah untuk untuk mengetahui dan memahami tentang motivasi siswa MI Miftahul Huda Bogorejo Sedan Rembang Tahun Ajaran 2012/2013, dan untuk mengetahui prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlak di MI Miftahul Huda Bogorejo Sedan Rembang Tahun Ajaran 2012/2013, untuk mengetahui ada tidak adanya pengaruh motivasibelajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlak di MI Miftahul Huda Bogorejo Sedan Rembang Tahun Ajaran 2012/2013. Adapun kegunaan riset secara teoritis yaitu 1) dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan ide-ide kontribusi pemikiran dan informasi yang bermanfaat bagi para praktisi pendidikan, orang tua siswa, dan beberapa pihak yang terkait, bahwa motivasi belajar siswa sangat penting dalam mendukung keberhasilan anak dalam dunia pendidikan, 2) menjadi salah satu referensi mahasiswa atau ilmuwan untuk membahas secara lebih kritis dan serius terhadap kajian penelitian tentang pengaruh motivasi siswa terhadap prestasi mata pelajaran Akidah Akhlak . 3) memberikan pengalaman dan pengetahuan yang luas kepada seluruh pihak yang berkecimpung dalam bidang pendidikan baik formal ataupun non-formal. Sedangkan secara praktis yaitu 1) sebagai bahan masukan kepada pihak MI Miftahul Huda Bogorejo Sedan Rembang untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam perencanaan dan pengembangan pembelajaran. 2) menjadi bahan pertimbangan atau acuan bagi para tenaga pendidik (guru) dalam merencanakan pembelajaranagar tercapai tujuan pembelajaran. 3) memberikan pemahaman dan pengertian kepada siswa bahwa motivasi belajar itu sangat penting agar dapat meningkatkan prestasi belajar.
Riset ini menggunakan pendekatan kuantitatif, karena peneliti berminat ingin menguji seberapa jauh tingkat motivasi siswa dapat mempengaruhi prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlakdi MI Miftahul Huda Bogorejo Sedan Rembang tahun ajaran 2012/2013. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah dengan cara wawancara, angket, observasi dan studi dokumenter .
Hasil riset ini menyatakan bahwa ada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi mata pelajaran Akidah Akhlak yang diraih oleh siswa MI Miftahul Huda Bogorejo Sedan Rembang tahun ajaran 2012/2013. Tingkat motivasi siswa yang tinggi akan berdampak positif yaitu bahwa prestasi yang diraih oleh siswa juga tinggi,demikian sebaliknya motivasi belajar siswa yang rendah akan membuat prestasi belajar anak rendah juga. Mengingat demikian pentingnya motivasi belajar siswa dalam belajar, maka guru maupun orang tua diharapkan dapat membangkitkan motivasi belajar siswanya
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar; Prestasi Belajar; Akidah Akhlak |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 21 Mar 2014 07:53 |
Last Modified: | 06 Oct 2016 03:11 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1707 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year