Kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MA Utsmaniyyah Ngoro Gubug Grobogan

Rozi, Muhammad Fahrur (2022) Kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MA Utsmaniyyah Ngoro Gubug Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503036068_Muhammad_Fahrur_Rozi] Text (Skripsi_1503036068_Muhammad_Fahrur_Rozi)
Skripsi_1503036068_Muhammad_Fahrur_Rozi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kompetensi guru sangat mempengaruhi kualitas pelaksanaan pembelajaran siswa di kelas. Untuk meningkatkan kompetensi guru di sekolah salah satu caranya adalah melalui kebijakan kepala sekolah yang berpihak pada peningkatan kompetensi guru. Keberhasilan kebijakan suatu lembaga pendidikan sangat tergantung pada kepemimpinan kepala sekolah. Sebagai pemimpin di sebuah lembaga, maka dia harus mampu membawa lembaga tersebut ke arah tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.
Permasalahan dalam penelitian ini ada dua yaitu bagaimana peningkatan profesionalisme guru MA Utsmaniyyah Ngroto Gubug dalam melaksanakan proses pembelajaran dan bagaimana kebijakn kepala sekolah dalam mempengaruhi peningkatan profesionalisme guru MA Utsmaniyyah Ngroto Gubug.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan profesionalisme guru di MA Utsmaniyyah Ngroto Gubug dalam melaksanakan proses pembelajaran dan kebujakan kepala sekolah dalam mempengaruhi peningkatan profesionalisme guru di MA Utsmaniyyah Ngroto Gubug.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi dengan menitik beratkan sumber data informan: Kepala madrasah, Wakil Kepala Madrasah, Staf Tata Usaha dan Guru untuk mengokohkan keabsahan data yang diperoleh.
Setelah melakukan pengumpulan data, penyajian data, dan analisis data diperoleh data bahwa peningkatan kompetensi guru di MA Utsmaniyyah Ngroto Gubug dapat diraih melalui dua hal yaitu dengan usaha dari guru dan peran serta kepala sekolah. Upaya guru dalam rangka meningkatkan kompetensinya melalui empat hal, meliputi: kompetensi pedagogik, pribadi, sosial dan profesional. Kepala MA Utsmaniyyah Ngroto Gubug. Peran kebijakan kepala sekolah dalam mempengaruhi peningkatan profesionalisme guru dilakukan melalui tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi terhadap program-program sekolah yang dilaksanakan. Program tersebut dijabarkan dalam bidang kurikulum, kesiswaan, personalia, keuangan dan sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kebijakan; Kepala Sekolah; Profesionalisme; Guru; Madrasah Aliyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 05 Oct 2022 08:57
Last Modified: 05 Oct 2022 08:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17093

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics