Pengembangan bahan ajar materi statistika berdasarkan teori APOS (Aksi, Proses, Objek, Skema) pada kelas V SD/MI
Aminah, Siti (2002) Pengembangan bahan ajar materi statistika berdasarkan teori APOS (Aksi, Proses, Objek, Skema) pada kelas V SD/MI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1603096036_Siti_Aminah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengembangan bahan ajar materi statistika berdasarkan teori APOS pada kelas V SD/MI. latar belakang penelitian ini yaitu kurangnya pemahaman siswa dalam pelajaran matematika dan bahan ajar yang digunakan kurang membuat siswa menjadi semangat belajar. Selain itu, sumber belajar belum dikembangkan oleh guru. Bahan ajar matematika berdasarkan teori APOS diharapkan dapat meningkatkan dan memudahkan siswa memahami konsep matematika secara mandiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pengembangan bahan ajar berdasarkan teori APOS pada materi Statistika. Penelitian ini menggunakan metode jenis penelitian dan pengembangan yang dikenal dengan Research and Development (R&D) dan pengembangannya dengan model 4-D yaitu tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Akan tetapi penelitian ini terbatas pada tahap ketiga yaitu develop.
Hasil kualitas bahan ajar berdasarkan penilaian ahli materi tergolong pada kategori sangat layak dengan persentase 92,8%, sedangkan penilaian kualitas modul oleh ahli media tergolong pada kategori sangat layak dengan persentase 96,6% dan untuk hasil uji coba kelompok kecil mendapat persentase 85% dengan kategori layak. Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul yang disusun berdasarkan teori APOS materi Statistika kelas V SD/MI sangat layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Bahan ajar; Teori APOS; Statistika |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Zara Hafidhany |
Date Deposited: | 05 Oct 2022 01:55 |
Last Modified: | 05 Oct 2022 01:55 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17095 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year