Pemberdayaan ekonomi pondok pesantren : studi kasus di Pondok Pesantren Askhabul Kahfi Semarang

Fatmasari, Etik (2022) Pemberdayaan ekonomi pondok pesantren : studi kasus di Pondok Pesantren Askhabul Kahfi Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1505026116_ETIK_FATMASARI] Text (Skripsi_1505026116_ETIK_FATMASARI)
Skripsi_1505026116_ETIK_FATMASARI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (742kB)

Abstract

Pemberdayaan (empowerment) adalah salah satu bagian dari konsep pembangunan yang berusaha mewujudkan masyarakat sejahtera secara adil dan merata. Seiring dengan perkembangan zaman, pesantren telah bertransformasi dan mengembangkan fungsi yang tidak hanya bergerak sebagai pemikir-pemikir agama, melainkan juga sebagai lembaga yang mencetak sumber daya manusia untuk melakukan pemberdayaan, serta terlibat dalam proses perubahan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data primer penelitian ini adalah jajaran ustadz dan pengurus Pondok Pesantren Askhabul Kahfi Semarang di bidang manajemen pemberdayaan ekonomi dan soft skil santri, alumni dan masyarakat. sedangkan pengecekan untuk keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi. Peran Pondok Pesantren Askhabul Kahfi Semarang dalam Pemberdayaan Ekonomi berhasil dilaksanakan dan sesuai dengan tatanan syariat islam serta sesui dengan teori pemberdayaan ekonomi pesantren yaitu: Askha Mart, Askha Coffe, Askha Loundry, Askha Babershop dan Askha Kantin.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan ekonomi; Pondok Pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Chantika Khoirunnisaa
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:38
Last Modified: 03 Oct 2022 07:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17120

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics