Tanfīż al-ṭarīqah fī ta`līm al-naḥw `an al-mubtada’ wa al-khabar li al-ṣaff al-sābi’ bi madrasah “Darul Ulum” ṡanāwiyyah al-Islāmiyyah Wates Ngaliyan
Sahri, Sahri (2013) Tanfīż al-ṭarīqah fī ta`līm al-naḥw `an al-mubtada’ wa al-khabar li al-ṣaff al-sābi’ bi madrasah “Darul Ulum” ṡanāwiyyah al-Islāmiyyah Wates Ngaliyan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083211044_Skripsi_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (1MB) | Preview
083211044_Skripsi_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (961kB) | Preview
083211044_Skripsi_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (2MB) | Preview
083211044_Skripsi_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (794kB) | Preview
083211044_Skripsi_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (2MB) | Preview
083211044_Skripsi_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (390kB) | Preview
083211044_Skripsi_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (211kB) | Preview
083211044_Skripsi_Lampiran.pdf - Supplemental Material
Download (6MB) | Preview
Abstract
Masalah yang diangkat peneliti dalam skripsi ini adalah (1) bagaimanakah penerapan metode pembelajaran nahwu tentang Mubtada’ dan Khobar di kelas 7 MTs Darul Ulum Wates Ngaliyan? (2) Metode apa yang digunakan dalam pembelajaran?
Sedangkan metode yang digunakan untuk memperoleh data yaitu (1) metode Pengumpulan data yaitu metode Observasi, metode Wawancara dan metode Dokumentasi (2) sedangkan metode analisis data yaitu metode analisis Kualitatif.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa Metode pembelajaran nahwu tentang Mubtada’ dan Khobar di kelas 7 MTs Darul Ulumu Wates Ngaliyan diterapkan dengan baik akan tetapi belum sempurna. Indikator yang menunjukkan keberhasilan pembelajaran nahwu tentang Mubtada’ dan Khobar adalah bahwa seluruh faktor pembelajaran telah direalisasikan di Sekolah dengan baik. Seperti dalam realisasi tujuan, materi, metode pembelajaran, media pembelajaran dan evaluasi. Selain itu, Pembelajaran Mubtada’ dan Khobar juga mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam memperoleh materi pelajaran, pembelajaran bahasa Arab menjadi menyenangkan, tidak membosankan, meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap materi bahasa arab. Sedangkan metode yang digunakan dalam pembelajaran nahwu tentang Mubtada’ dan Khobar yaitu menggunakan metode Qiyasiyah, langkah-langkah metode ini adalah guru memulai pelajaran dengan kaidah/struktur dahulu, kemudian menerapkan dengan contoh yang banyak yang berhubungan dengan kaidah/struktur.
Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran nahwu tentang Mubtada’ dan Khobar di kelas 7 MTs Darul Ulum Wates adalah guru, siswa, kepala sekolah, orang tua metode pembelajaran dan media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Tata Bahasa Arab; Nahwu |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 25 Mar 2014 03:07 |
Last Modified: | 25 Mar 2014 03:07 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1724 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year