Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karanganyar ditinjau dari tipe kepribadian Carl Gustav Jung pada materi lingkaran

Pramesti, Dian Ayu (2022) Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karanganyar ditinjau dari tipe kepribadian Carl Gustav Jung pada materi lingkaran. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503056012_Dian_Ayu_Pramesti] Text (Skripsi_1503056012_Dian_Ayu_Pramesti)
Skripsi_1503056012_Dian_Ayu_Pramesti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan pada pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Karanganyar, terdapat perbedaan respon siswa dalam menyelesaikan masalah matematika seperti merumuskan definisi dan menghubungkan benda nyata kedalam ide matematika. Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu standar kemampuan yang harus dimiliki siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi komunikasi yaitu tipe kepribadian. Jung merupakan psikolog yang mengembangkan konsep psikologi analitik yang menggabungkan pemikiran ilmiah dan perasaan religious, pikiran dan jiwa, kemudian membagi tipe kepribadian menjadi dua yaitu ekstrovert dan introvert. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis pada materi lingkaran siswa kelas VIII SMP N 1 Karanganyar ditinjau dari tipe kepribadian Carl Gustav Jung.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII A. Data yang diperoleh berasal dari observasi, tes, angket dan wawancara. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah dilakukan analisis terhadap data yang telah diperoleh bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis lisan siswa yang bertipe kepribadian ekstrovert lebih unggul dalam kegiatan menjelaskan pada saat diskusi dibanding siswa yang berkepribadian introvert. sedangkan siswa yang berkeribadian introvert lebih unggul dalam kegiatan mendengarkan pada saat diskusi. Untuk kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa bahwa siswa yang bertipe kepribadian ekstrovert dan siswa yang bertipe kepribadian introvert tidak semua mampu mencapai indikator kemampuan komunikasi matematis dari 12 siswa masing-masing tipe kepribadian 2 mendapat nilai tinggi, 2 nilai sedang, dan 2 nilai rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis; Lingkaran; Ektrovert; Introvert; Kepribadian; Carl Gustav Jung
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 24 Oct 2022 05:57
Last Modified: 24 Oct 2022 05:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17378

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics