Efektivitas model contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa dengan materi statistika

Agustina, Shelyna Ika (2022) Efektivitas model contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa dengan materi statistika. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503056030_Shelyna_Ika_Agustina] Text (Skripsi_1503056030_Shelyna_Ika_Agustina)
Skripsi_1503056030_Shelyna_Ika_Agustina.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif model pembelajaran CTL untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa dengan materi statistika pada kelas VIII SMP N 2 Kaliwungu tahun pelajaran 2018/ 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif . penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk control group design dengan pretest-postest sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Kaliwungu . pengambilan sampel menggunakan Teknik nonprobability sampling . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode obesrvasi, tes, dan dokumentasi. Tes yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk uraian dan mengandung aspek kemampuan berfikir kritis yaitu dapat memberikan penjelasan sederhana, dapat membangun ketrampilan dasar, dapat membuat kesimpulan, dapat membuat penjelasan lebih lanjut, dan dapat menentukan strategi dan taktik.
Berdasarkan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t satu pihak diperoleh t-hitung=1,760 dengan taraf signifikansi a=5% dan dk=27+28-2= 53 diperoleh t-tabel =1,67303. Oleh karena itu, diperoleh t-hitung>t-tabel yaitu t=1,760>1,67303 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Uji gain digunakan untuk melihat kemampuan berfikir kritis siswa. Uji gain yang didapatkan dari kelas eksperimen yaitu 0,17 sedangkan untuk kelas kontrol didapatkan uji gain sebesar 0,04 sehingga ada peningkatan.
Kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini bahwa model pembelajaran CTL pada materi statistika efektif untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa kelas VIII SMP N 2 Kaliwungu tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berfikir Kritis; Statistika; Model Pembelajaran; Contextual Teaching and Learning (CTL)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:02
Last Modified: 24 Oct 2022 06:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17381

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics